Demi Prestasi, NOC Indonesia Ingin Tingkatkan Peran Orang Tua

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 08 Maret 2022
Demi Prestasi, NOC Indonesia Ingin Tingkatkan Peran Orang Tua
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. (BolaSkor.com/Taufik Hidayat)

BolaSkor.com - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) sudah menyusun sejumlah strategi untuk memajukan olahraga. Salah satunya yaitu meningkatkan peran orang tua.

Prestasi Indonesia memang belum mengalami kemajuan yang signifikan. Terbukti, hanya cabang-olahraga (cabor) tertentu yang rutin menyumbang medali dan trofi.

Hal ini menandakan pembinaan olahraga Indonesia belum berjalan dengan maksimal. NOC Indonesia menilai salah satu alasannya karena lemahnya dukungan orang tua untuk atlet-atlet usia muda.

Baca Juga:

Komite Olimpiade Indonesia Matangkan Persiapan SEA Games

Pasir Putih dan Laut Biru Manado Menanti ANOC World Beach Games 2023

Lepas dari Sanksi WADA, NOC Indonesia Gerak Cepat Wujudkan ANOC World Beach Games 2023

Suasana Rapat Anggota Tahunan NOC Indonesia



Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari membahas rencana ini dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) bersama perwakilan 65 pengurus cabor di Hotel JHL Solitare, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (8/3). Ia berharap ide tersebut bisa dijalankan secepat mungkin.

"Kami ingin mengajak dan menjaring orang tuanya untuk direkrut dalam gerakan Olimpiade demi mempersiapkan atlet sejak dini," ucap Raja Sapta Oktohari.

Rapat tahunan NOC Indonesia kali ini memang mengambil tema 'Bersama bangkitkan olahraga Indonesia'. Adapun subtema dari kegiatan ini adalah tingkatkan prestasi dunia untuk gencarkan single multi-eavent internasional di Tanah Air dan bangun diplomasi olahraga untuk negeri.

Pria yang akrab disapa Okto itu menilai peran orang tua sangat krusial untuk mewujudkan misi tersebut. Itu tak lepas dari banyaknya fenomena calon atlet yang banting stir karena tidak dapat dukungan dari ayah dan ibunya.

Selain membahas rencana strategis, para anggota rapat juga melaporkan program kerja tahun 2021 dan penyampaian penyampaian program kerja pada kalender 2022. Hal strategis yang disepakati untuk diputuskan bersama menyikapi situasi pandemi yang kian membaik juga masuk dalam pembahasan.

Rapat dibuka langsung oleh Komite Eksekutif KOI, Jadi Rajagukguk. Kemudian sambutan berikutnya disampaikan oleh oleh Ketua Umum (KOI) Raja Sapta Oktohari.

Turut hadir Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas) Suharso Monoarfa. Rapat tahunan ini digelar secara hybrid (offline dan virtual).

NOC Raja Sapta Oktohari Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan