Deretan Fakta Menarik yang Iringi Langkah Inggris ke Final Piala Eropa 2020

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 08 Juli 2021
Deretan Fakta Menarik yang Iringi Langkah Inggris ke Final Piala Eropa 2020
Timnas Inggris (Twitter)

BolaSkor.com - Tim Nasional Inggris sukses mengalahkan Denmark pada semifinal Piala Eropa 2020. The Three Lions pun berhak melaju ke partai puncak untuk memperebutkan gelar juara.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley, Kamis (8/7) dini hari WIB, Inggris mengalahkan Denmark dengan skor 2-1. Kemenangan itu diraih lewat babak perpanjangan waktu.

Denmark sempat membuat kejutan dengan unggul lebih dulu. Tendangan bebas Mikkel Damsgaard melaju mulus ke gawang Inggris tanpa bisa diantisipasi Jordan Pickford pada menit ke-30.

Namun gol tersebut tak membuat Inggris panik. Tim asuhan Gareth Southgate dengan sabar membongkar pertahanan berlapis Denmark.

Baca Juga:

Bintang Laga Inggris Vs Denmark: Harry Kane Sang Penentu

Piala Eropa 2020 - Inggris 2-1 Denmark: The Three Lions Tantang Italia di Final

Kesuksesan Inggris di Piala Eropa 2020 Akan Untungkan Man United

Timnas Inggris rayakan kesuksesan lolos ke final Piala Eropa 2020.

Usaha Inggris akhirnya membuahkan hasil sembilan menit berselang. Simon Kjaer melakukan gol bunuh diri saat mencoba memotong umpan Bukayo Saka yang ditujukan kepada Raheem Sterling.

Kedua tim kemudian gagal menambah perbendaharaan golnya hingga waktu normal berakhir. Babak perpanjangan waktu pun terpaksa digelar untuk mencari pemenang.

Inggris mendapat durian runtuh di akhir babak pertama perpanjangan waktu setelah wasit menghadiahi penalti. Raheem Sterling dianggap sang pengadil dilanggar di kotak terlarang.

Harry Kane yang maju sebagai eksekutor penalti sebenarnya gagal menjalankan tugas usai tembakannya mampu ditepis Kasper Schmeichel. Namun bola kembali mengarah ke kakinya dan tanpa ampun menendangnya ke gawang yang sudah kosong.

Denmark yang sudah kelelahan tak mampu memberi ancaman berarti di sisa laga. Inggris berhasil mempertahankan kemenangannya untuk menantang Italia di partai final.

Sejumlah fakta menarik mengiringi kemenangan Inggris ini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Inggris untuk pertama kalinya sepanjang sejarah lolos ke final Piala Eropa. Prestasi terbaik mereka sebelumnya hanya semifinalis edisi 1996 saat menjadi tuan rumah.

2. Meski gawangnya kebobolan, Jordan Pickford sukses memecahkan rekor sebagai kiper Inggris dengan catatan tak kebobolan terpanjang yaitu 725 menit. Ia melewati rekor Gordon Banks dengan 720 menit pada 1966.

3. Bukayo Saka menjadi pemain Inggris termuda yang tampil sebagai starter pada babak semifinal turnamen besar. Usianya baru menginjak 19 tahun 305 hari.

4. Inggris terakhir kali melaju ke final turnamen besar pada Piala Dunia 1966. Mereka butuh waktu 55 tahun untuk kembali berlaga di laga puncak turnamen akbar yang menariknya sama-sama berlangsung di Stadion Wembley.

5. Harry Kane kini menjadi pencetak gol terbanyak Inggris di turnamen besar (EURO/Piala Dunia) dengan koleksi 10 gol. Namun ia tidak sendirian karena Jumlah tersebut sama dengan yang dikumpulkan Gary Lineker.

6. Duel Inggris kontra Denmark adalah pertandingan ketujuh di Piala Eropa 2020 yang harus memainkan babak perpanjangan waktu. Hanya Piala Dunia 1990 dan 2014 turnamen besar yang lebih banyak memainkan babak perpanjangan waktu dengan jumlah delapan laga.

7. Mikkel Damsgaard menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol ke gawang Inggris di Piala Eropa 2020. Ia juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol lewat tendangan bebas langsung di turnamen ini.

8. Gol bunuh diri Simon Kjaer menjadi yang kesebelas tercipta di Piala Eropa 2020. Ini juga menjadi kali pertama dalam sejarah Piala Eropa Inggris diuntungkan dengan gol bunuh diri lawan.

9. Inggris untuk pertama kalinya menang di fase gugur Piala Eropa dari keadaan tertinggal lebih dulu.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Piala eropa Piala Eropa 2020 Timnas Inggris Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan