Dokter Persib Paparkan Kronologi Sembilan Pemain Positif COVID-19

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 30 Januari 2022
Dokter Persib Paparkan Kronologi Sembilan Pemain Positif COVID-19
Dokter Persib Bandung, Mochamad Rafi Ghani. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Dokter Persib Bandung, Mochamad Rafi Ghani akhirnya membeberkan secara rinci mengenai kronologi kesembilan pemainnya yang terpapar Covid-19. Alhasil, para pemain yang sebagian besar pemain inti itu tidak bisa tampil saat menghadapi TIRA Persikabo, Sabtu (29/1).

Rafi Ghani mengatakan kasus itu terjadi tepat setelah para pemainnya diliburkan usai melakoni laga melawan Borneo FC, 18 Januari 2022. Atau tepat saat jeda kompetisi seiring FIFA matchday.

"Setelah diliburkan saya lakukan pemeriksaan antigen secara mandiri tepat pada 26 Januari 2022. Kebetulan saat itu ada satu orang yang ada gejala sakit dan setelah diperiksa hasilnya positif. Lalu kami periksa lagi untuk semua kru dari Persib, termasuk staf pelatih, staf ofisial dan media. Dari situ ternyata kita mendapatkan ada dua orang lagi yang positif," kata Rafi Ghani dalam press conference via zoom, Minggu (30/1).

Baca Juga:

Robert Rene Alberts Puji Pemain Muda Persib Usai Kalahkan TIRA-Persikabo

Kalah dari Persib, Pelatih TIRA Persikabo Puji Teja Paku Alam

Rafi Ghani mengaku was-was dengan hasil tersebut. Sehingga pihaknya melakukan pemeriksaan setiap harinya menggunakan tes antigen.

"Mungkin sudah ada paparan semenjak latihan, jadi setelah tanggal 27 Januari tambah satu orang dan tambahan empat orang di tanggal 28 Januari. Jadi yang terdeteksi pada saat antigen delapan orang," bebernya.

Tepat di tanggal 28 Januari, lanjutnya, Persib kembali melakukan pemeriksaan melalui tes PCR lantaran akan menjalani laga melawan TIRA Persikabo pada 29 Januari. Total sebanyak 35 orang diperiksa sesuai regulasi.

"Saya sudah tahu dari pemeriksaan ada delapan orang positif, akhirnya kami minta PCR dan setelah pemeriksaan dari tes tersebut yang terpapar menjadi sembilan orang," tuturnya.

Rafi Ghani mengaku tidak mengetahui secara pasti mengenai asal usul kesembilan pemainnya yang terpapar Covid-19 tersebut. Sebab, dia memastikan protokol kesehatan sudah dilakukan dengan sangat baik.

"Sistem kita bubble yang dilakukan di satu tempat. Saya tidak ingin saling menyalahkan karena ini juga terjadi pada klub-klub lain. Salah satu contoh, tim lain juga sampai 14 orang dan terjaringnya sama-sama tidak langsung 14, tapi dua, dua, dua. Jadi kalau ditotal 14 orang," imbuhnya.

Meski demikian, Rafi Ghani tidak bisa menyebutkan kesembilan pemainnya yang terpapar Covid-19 tersebut. Sebab hal itu masuk dalam kode etik kerahasiaan pasien.

"Sesuai prosedur mereka menjalani karantina 10 hari. Tapi kita pantau dalam 10 hari itu, bilamana gejala sama sekali tidak ada, kita akan lakukan pemeriksaan PCR. Kalau dari kurang 10 hari PCR negatif, biasanya bisa lepas dari proses karantina."

"Semoga saja, mohon doakan semua pemain kita yang menjalani karantina bisa cepat pulih dan bergabung dengan tim. Rencana besok ada PCR lagi untuk sembilan orang yang terkonfirmasi positif," katanya.

Rafi Ghani juga memastikan kejadian ini menjadi bahan evaluasi bagi timnya agar tidak kembali terjadi. Sehingga Persib bisa tampil full tim dalam setiap pertandingan yang dihadapi.

"Setelah ini kita harus saling mengingatkan dan menjaga prokes dengan baik, cuci tangan dengan air mengalir, jaga jarak bicara dan jangan banyak melakukan kegiatan yang tidak perlu. Mengingat ini sedang pandemi dan Covid sekarang penyebarannya cukup cepat," pungkasnya.(Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan