Efek Thomas Tuchel di Chelsea: Clean Sheets dan Penguasaan Bola

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 31 Januari 2021
Efek Thomas Tuchel di Chelsea: Clean Sheets dan Penguasaan Bola
Thomas Tuchel (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea meraih kemenangan di pekan 21 Premier League melawan Burnley di Stamford Bridge, Minggu (31/01) malam WIB. The Blues menang 2-0 melalui gol yang dicetak Cesar Azpilicueta (40') dan Marcos Alonso (84').

Itu jadi kemenangan sekaligus tiga poin pertama Chelsea di bawah arahan Thomas Tuchel. Sebelumnya di laga debut manajer asal Jerman Chelsea bermain imbang tanpa gol melawan Wolverhampton Wanderers di tempat yang sama.

Hasil itu menempatkan Chelsea di urutan tujuh klasemen dengan raihan 33 poin dari 21 laga, terpaut empat poin dari Liverpool yang ada di zona Liga Champions dan baru memainkan 20 laga. Kemenangan tersebut juga jadi kemenangan kandang pertama Chelsea pada 2021.

Ada dua hal menarik dari hasil positif atas Burnley itu. Menurut catatan Opta Chelsea-nya Tuchel mencatatkan clean sheets di dua laga pertama Premier League, Tuchel menyamai catatan Rafael Benitez pada 2012.

Baca Juga:

Chelsea 2-0 Burnley: Thomas Tuchel Samai Catatan Rafa Benitez

Eks Chelsea Tidak Senang dengan Debut Thomas Tuchel

Kontrak Singkat Buat Thomas Tuchel Khawatir di Chelsea

Gol Marcos Alonso

Ditambahkan oleh William Hills dalam kurun waktu dua laga (180 menit) tidak ada lawan yang mampu melepaskan tendangan tepat sasaran ke gawang Chelsea, plus menguji kiper Edouard Mendy.

Kukuhnya pertahanan Chelsea itu tak lepas dari penguasaan bola yang kembali dominan sejak Tuchel melatih tim. Bayang-bayang 'Sarriball' yang kental dengan penguasaan bola kembali terjadi pada masa kepelatihan Tuchel.

Melawan Wolves Chelsea punya 79 persen penguasaan bola dengan 14 tendangan dan lima tendangan tepat sasaran, lalu menghadapi Burnley Chelsea punya 72 persen penguasaan bola dengan 19 tendangan dan delapan tepat sasaran.

Selain itu bek Chelsea Thiago Silva juga tampil dalam performa terbaik dengan 15 kali merebut bola, lima sapuan bola, dan empat kali memotong bola di jalur lawan kontra Burnley. Silva juga tak melakukan pelanggaran, tidak dapat dilewati lawan, dan catatan clean sheet.

Chelsea pun melakukan apa yang tak dapat dilakukan Liverpool dan Arsenal di laga kandang musim ini, yakni mengalahkan Burnley. Kemenangan itu bisa jadi modal positif Tuchel dan Chelsea untuk menatap laga-laga berikutnya.

Breaking News Chelsea Thomas Tuchel Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.195

Bagikan