Chelsea 2-0 Burnley: Thomas Tuchel Samai Catatan Rafa Benitez

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 31 Januari 2021
Chelsea 2-0 Burnley: Thomas Tuchel Samai Catatan Rafa Benitez
Selebrasi gol Chelsea (twitter/chelseafc)

BolaSkor.com - Thomas Tuchel memetik kemenangan pertamanya sebagai manajer Chelsea saat pasukannya menang 1-0 atas di Stamford Bridge dalam lanjutan Premier League, Minggu (31/1) malam WIB. Gol Chelsea disumbang dua bek, sang kapten Cesar Azpilicueta di menit ke-40 dan Marcos Alonso (84).

Thomas Tuchel menjadi manajer pertama Chelsea yang mencatat clean sheet pada dua laga pertama di Premier League sejak Rafael Benitez pada November 2012.

Begitu laga berlangsung, Chelsea langsung mendominasi jalannya pertandingan. Armada Tuchel bermain dengan tempo sedang sambil sesekali mengintip peluang.

Marcos Alonso dan Callum Hudson-Odoi beberapa kali membuka peluang untuk Chelsea di babak pertama. Namun, pertahanan Burnley yang cukup disiplin masih bisa menghalau serangan yang datang.

Baca Juga:

Eks Chelsea Tidak Senang dengan Debut Thomas Tuchel

Tuchel Punya Faktor X untuk Bangkitkan Performa Havertz dan Werner

Tuchel Bicara Target, Liga Champions dan Piala FA Paling Realistis

The Blues baru membahayakan gawang Burnley di menit delapan. Kerja sama Timo Werner dan Mason Mount diakhiri dengan sepakan Mount dari kotak penalti. Namun bola melambung melewati mistar gawang.

Chelsea kembali gagal memaksimalkan dua peluang di menit 12 dan 16 lewat Callum Hudson-Odoi dan Mateo Kovacic. Keduanya berhasil diblok barisan pertahanan Burnley.

Memasuki menit ke30, The Blues kembali melewatkan peluang. Menerima umpan Hudson-Odoi, Timo Werner gagal menyambut umpan tersebut dari jarak dekat.

Gol akhirnya didapat Chelsea pada menit ke-40. Cesar Azpilicueta jadi pemecah kebuntuan lewat golnya memanfaatkan serangan balik cepat. Bek Spanyol itu melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti, bola meluncur deras tanpa bisa dihalau kiper Burnley, Nick Pope.

Chelsea mendominasi penuh babak pertama dengan penguasaan bola mencapai 63 persen dan melepaskan 10 sepakan, empat di antaranya menemui sasaran. Meski begitu, skor 1-0 untuk keunggulan Chelsea bertahan hingga turun minum.

Babak kedua dimulai, Chelsea masih mendominasi permainan dan mencoba memaksa Burnley mengejar bola. Hingga paruh kedua berjalan sepuluh menit, Burnley belum mampu hadir di kotak penalti Chelsea.

Tekanan Chelsea makin menignkat. Bahkan sejatinya mereka bisa menambah gol jika bola usaha Callum Hudson-Odoi tidak terbentur tiang gawang di menit 58.

Tuan rumah kembali nyaris membuat gol pada menit 69. Hudson -Odoi yang menusuk dari sisi kanan melepaskan umpan deras. Ben Mee yang mencoba membendung malah mengirim bola ke gawang sendiri. Beruntung Nick Pope masih mampu menyelamatkan gawang Burnley lewat aksi gemilang.

Selang dua menit kemudian giliran Christian Pulisic yang mendapatkan peluang. Namun bola sentuhan pemain asal Amerika Serikat itu masih tipis menyamping dari sasaran.

Nick Pope kembali melakukan aksi penyelamatan cemerlang saat laga berjalan 75 menit. Kali ini dia mengagalkan usaha Reece James dengan menggunakan kakinya. Chelsea terus menekan demui memburu gol kedua.

Usaha Chelsea akhirnya berhasil pada menit ke-84. Menerima umpan dari Pulisic, MArcos Alonso melepaskan sepakan voli kerasnya. Bola meluncur deras ke dalam gawang Burnley tanpa bisa dibendung Nick Pope. The Blues unggul 2-0.

Dengan kemenangan ini Chelsea berhasil memperbaiki posisi di klasemen sementara Premier League. Kini The Blues ada di posisi ketujuh dengan raihan 33 poin dari 21 laga. Sedangkan Burnley turun satu tangga ke peringkat ke-16 dengan 22 poin dari 20 penampilan.

Susunan Pemain

Chelsea (4-3-3): Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Antonio Rudiger, Thiago Silva, Marcos Alonso; Jorginho, Mateo Kovacic, Mason Mount (Havertz 80); Callum Hudson-Odoi (James 73), Tammy Abraham (Pulisic 46), Timo Werner.

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Erik Pieters; Dwight McNeil, Ashley Westwood, Jack Cork, Robbie Brady (Mumbongo 76), Matej Vydra (Rodriguez 57), Chris Wood (Gudmundsson 62).

Premier League Chelsea Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.173

Bagikan