BolaSkor.com - Safin Pati Football Academy (SPFA) dan PSG (Putra Safin Group) Pati tak pernah berhenti untuk terus berinovasi demi sepak bola Indonesia. Terkini, dua pelatih senior secara resmi bergabung yakni Subangkit dan Bernhard Schumm.

Bernhard Schumm secara resmi menjadi technical consultant untuk SPFA dan PSG Pati. Sedangkan Subangkit akan menjadi nahkoda di tim SPFA U-20.

“Ini menjadi bukti komitmen SPFA dan PSG Pati untuk mengembangkan diri dengan program-program yang dimulai dari kelompok usia muda hingga tim senior di level profesional. Pengalaman dan ilmu yang dimiliki kedua pelatih ini diharapkan dapat ditularkan,” kata CEO SPFA, Rudy Eka Priyambada.

Sosok Bernard Schumm tentunya bukan sosok yang asing bagi publik sepak bola Indonesia. Pelatih berdarah Jerman ini tercatat sebagai pelatih Timnas Indonesia di era tahun 1999 silam.

Coach Bernhard Schumm yang memiliki lisensi UEFA Pro menjadi technical consultant untuk SPFA dan PSG Pati. Sedangkan coach Subangkit akan menjadi pelatih kepala di tim SPFA U-20,” jelas Rudy Eka.

Baca Juga:

Tambah Delapan Pemain, PSG Pati Masih Cari Nama Berlabel Liga 1

PSG Pati Resmi Perkenalkan Jersey Kandang, Ini Penampakan dan Maknanya

Dari data yang ada, Bernard Schumm pada tahun 2019 lalu tercatat sebagai direktur teknik salah satu klub di Uni Emirat Arab, yakni Ajman FC. Tidak hanya itu, Bernhard Schumm juga sempat tercatat sebagai staf pelatih di tim papan atas Bundesliga Jerman, Bayern Munchen.

“Saya baru datang ke sini pertama kali setelah sebelumnya baru melihat dari media. Dan ternyata disini miliki fasilitas luar biasa yang belum pernah ada di Indonesia sebelumnya,” kata Bernhard Schumm.

Dia berharap, beberapa tahun ke depan, akan lahir pemain-pemain potensial dari SPFA yang akan berkarir di level nasional bahkan internasional. Dia mengaku sudah menyiapkan program-program yang akan segera diterapkan, baik untuk SPFA maupun PSG Pati yang bertarung di Liga 2.

Sementara itu, sosok Subangkit juga tentunya pelatih yang punya banyak pengalaman. Pelatih asal Pasuruan ini tercatat memiliki pengalaman memimpin tim-tim macam Sriwijaya FC, Mitra Kukar hingga PSIS Semarang di kasta tertinggi.

PSG Pati
Bernhard Schumm dan Subangkit. (Media PSG Pati)

Subangkit juga adalah pelatih yang sukses membawa Sriwijaya FC U-21 tampil sebagai juara di ajang ISL U-21 tahun 2013 silam.

“Dari segi infrastruktur, SPFA sudah sangat bagus. Karena kita punya banyak lapangan disini. Ada lapangan rumput alam, sintetis juga lapangan pasir yang sangat membantu dalam menjalankan program latihan,” ucap Subangkit.

Mengenai tim U-20, Subangkit menjelaskan bahwa ini adalah tim yang dipersiapkan untuk menatap beberapa level kompetisi.

“Siswa SPFA U-20 nanti disiapkan untuk dapat berkarir di PSG Pati, tim Elite Pro Academy (EPA) hingga juga memulai karier di tim Liga 3 karena sesuai dengan regulasi yang diterapkan oleh PSSI,” tegasnya.