Eks Timnas Indonesia Gembira Lihat Gairah Sepak Bola Bali

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 18 Juni 2020
Eks Timnas Indonesia Gembira Lihat Gairah Sepak Bola Bali
I Made Pasek Wijaya. (Bali United)

BolaSkor.com - Eks Timnas Indonesia, I Made Pasek Wijaya gembira melihat geliat sepak bola Bali. Akademi sepak bola mulai dipenuhi anak-anak yang didorong para orang tua menjadi pesepak bola profesional.

Made Pasek termasuk sosok pesepak bola sukses asal Bali. Perjuangan sejak muda merantau ke Jakarta, dengan gabung Diklat Ragunan terbayarkan. Legenda Pelita Jaya ini menjadi langganan Timnas Indonesia.

Merantau jadi pilihan Made Pasek untuk meraih kesuksesan. Pada era-80an, klub-klub Bali kurang berprestasi. Namun, keberadaan Bali United mulai tahun 2015 mengubah cara itu.

Baca Juga:

Kisah Pelatih Persib Robert Rene Alberts Mengenai Kariernya di Ajax Amsterdam, Impian Bernama De Meer

Arema FC Buka Opsi Pindah Kandang pada Lanjutan Liga 1 2020

"Zaman dulu kita punya tim-tim Bali tidak terlalu menonjol di nasional. Baru ikut zona saja kadang tidak lolos. Makanya banyak yang merantau. Sekarang, ada Bali United, sepak bolanya berkembang sekali," terang Made Pasek.

Keberadaan Bali United dengan prestasi mengkilap membuat sepak bola usia dini hidup lagi. Made Pasek melihat sendiri pertumbuhan akademi sepak bola yang dibanjiri anak didik.

Paling tidak, untuk masuk Timnas tidak sampai merantau lagi. Sang putra, I Made Andhika Wijaya sempat dipanggil Timnas Indonesia tahun lalu. Ada pula Kadek Agung Widnyana yang keluar masuk Timnas U-19.

"Kalau zaman dulu tidak boleh. Sekarang, justru para orang tua yang mendorong anaknya jadi pemain. Sepak bola sudah jadi mata pencaharian. Pendapatan sebagai pemain bisa diinvestasikan," ucap Made Pasek.

Made Pasek berharap geliat ini terus berlanjut. Dengan begitu, semakin banyak lagi bakat-bakat terbaik Bali yang berprestasi di tingkat nasional. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)

Liga 1 Bali United
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan