FIFA Jamin Kompetisi Sepak Bola Indonesia Kembali Bergulir

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 12 Oktober 2022
FIFA Jamin Kompetisi Sepak Bola Indonesia Kembali Bergulir
FIFA Development Project Coordinator, Niko Nhouvannasak. (PSSI)

BolaSkor.com - FIFA dan AFC membuktikan komitmennya untuk membantu PSSI memperbaiki tata kelola sepak bola Indonesia. Termasuk salah satunya pembenahan di sektor kompetisi pasca Tragedi Kanjuruhan.

Karena itu, FIFA dan AFC mengirim para ahli dan pakar di bidang safety and security untuk menemui PSSI. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan agar Tragedi Kanjuruhan yang membuat 132 korban meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka pascalaga Arema FC kontra Persebaya, tidak terulang lagi di masa depan.

Adapun utusan yang diutus Presiden FIFA, Gianni Infantino adalah Niko Nhouvannasak (FIFA Development Project Coordinator), Chen Jun (Head of Security and Safety), dan Serge Dumortier (Stadium Consultant FIFA).

Sementara itu, delegasi AFC yang sudah bergabung di Jakarta di antaranya ada Shin Man-gil (Deputy General Secretary), Ravi Kumar (Communication Director), Brian Johnson (Head of Safety and Security), serta Dato Dell Akbar (Deputy Chairperson Safety Security Task Force).

"Kami saat ini berada di sini bersama AFC dan PSSI untuk memastikan dukungan agar hal seperti ini tak terjadi lagi di masa depan. Jadi yang kami lakukan saat ini adalah mengumpulkan semua informasi untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi," kata Niko Nhouvannasak.

Baca Juga:

FIFA dan AFC bersama PSSI Kawal Penyelesaian Tragedi Kanjuruhan

PSSI Terima Masukan dari TGIPF demi Ekosistem Sepak Bola Indonesia yang Lebih Baik

FIFA dan PSSI Mulai Kolaborasi dalam Transformasi Sepak Bola Indonesia

"Berdasarkan informasi itu kami melakukan pertemuan-pertemuan untuk menghasilkan rencana aksi dengan timeline yang konkret untuk memastikan liga akan kembali dan Piala Dunia U-20 akan berjalan aman. Itu prioritas tertinggi kami di sini."

"Dan kami sudah menempatkan para ahli kami bersama PSSI untuk menghasilkan rencana aksi. Kami bekerja erat dengan pemerintah Indonesia. FIFA, AFC dan PSSI kami bekerja sama dan saling bersolidaritas untuk bekerja sama dengan pemerintah. Agar semua pihak di Indonesia bisa menikmati sepak bola dengan cara terbaik," tambahnya.

Deputi Sekjen AFC Bidang Kompetisi dan Sepak Bola, Shin Man-gil, juga menegaskan komitmennya untuk membantu PSSI dalam pengelolaan kompetisi profesional di Indonesia. Sebab, AFC menilai PSSI sebagai anggota penting di konfederasi sepak bola Asia.

"Kami akan memastikan bersama pakar keamanan kami, kejadian ini tak akan terjadi lagi di kompetisi sepak bola dan kami ingin membuat kompetisi kami berjalan baik sehingga kompetisi sepak bola Indonesia dapat dinikmati tanpa isu keamanan. Ini bukan kunjungan terakhir kami. Kami akan menawarkan bantuan konstan kepada kompetisi sepak bola Indonesia dan PSSI," tutur Shin Man-gil.

Pssi Fifa Afc Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.372

Bagikan