FIFA Denda PSSI Rp 643 Juta Akibat Insiden saat Timnas Indonesia Jamu Malaysia

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 09 Oktober 2019
FIFA Denda PSSI Rp 643 Juta Akibat Insiden saat Timnas Indonesia Jamu Malaysia
Ilustrasi FIFA. (Istimewa)

BolaSkor.com - FIFA akhirnya mengeluarkan keputusannya terkait insiden yang terjadi dalam laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 antara Timnas Indonesia kontra Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 5 September. Lewat Komite Disiplinnya, FIFA menjatuhi hukuman berupa denda kepada PSSI.

Komdis FIFA dilaporkan mengadakan sidang pada 4 Oktober 2019. Melalui sidang, PSSI dinyatakan melanggar Kode Disiplin FIFA soal ketertiban dan keamanan pertandingan.

Pertandingan antara Timnas Indonesia kontra Malaysia sempat terhenti karena penonton masuk ke sentel ban dari tribun sebelah selatan. Diawali upaya menyerang suporter Malaysia. Turunnya suporter dari tribun juga terlihat di sisa utara Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Baca Juga:

UEA Siap Tempur Hadapi Timnas Indonesia, Dua Hal Ini Jadi Sebab Menurut Strikernya

Gelandang UEA Tanggapi soal Dua Kekalahan Timnas Indonesia

Oleh FIFA, PSSI didenda sebesar CHF 45.000 atau sekitar Rp 643 juta. Hukuman ini terbilang lebih ringan dari prediksi, seperti laga kandang tanpa penonton atau bermain di tempat netral.

PSSI seperti disampaikan Sekjen Ratu Tisha Destria menerima hukuman dari FIFA. Menurutnya, PSSI juga akan terus belajar agar kejadian serupa tidak terulang.

"PSSI menghormati proses hukum dan putusan dari FIFA. Kami akan segera memenuhi kewajiban kami dan mengevaluasi agar tidak terulang," kata Ratu Tisha di laman PSSI.

"Sepak bola harusnya menyatukan, mempromosikan keragaman budaya dan menyerukan sikap saling menghormati,” tambahnya.

Bagi, PSSI hukuman ini sebagai kerugian. PSSI disebut akan terus mengkampanyekan persatuan dan kesatuan di sepak bola Indonesia.

Pssi Fifa Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan