BolaSkor.com - Gelandang Barcelona Frenkie de Jong mengungkap LaLiga masih sedikit lebih baik daripada Premier League jika dilihat dari sisi teknis murni. Tetapi dari sisi kualitas kompetisi, Premier League lebih baik.

Mantan gelandang Ajax itu pindah ke Spanyol pada musim panas dan dengan cepat mengokohkan posisinya di skuat Ernesto Valverde.

Baca Juga:

Jangan Terlalu Cepat Menilai Performa Frenkie de Jong dengan Barcelona

Paham Taktik Barcelona, Frenkie de Jong Tak Kesulitan Adaptasi

Pemain berusia 22 tahun ini telah tampil 18 kali di LaLiga dan mencetak satu gol, serta menyumbang dua assist untuk mambawa Barcelona memuncaki LaLiga.

Setelah menyesuaikan diri dengan baik di Spanyol, De Jong mengamati bahwa Premier League memiliki tingkat yang sedikit lebih baik meski tidak terlalu teknis.

“Saya dulu berpikir bahwa LaLiga adalah liga sepak bola terkuat di dunia. Anda bisa melihat dominasi mereka di kompetisi-kompetisi Eropa," kata De Jong kepada Mirror.

“Klub-klub Spanyol selalu mengalami kemajuan dan sering meraih trofi utama, Liga Champions dan Liga Europa."

"Namun, Premier League Inggris telah mendapatkan kekuatan selama beberapa tahun terakhir."

"Dalam hal teknis murni, LaLiga lebih baik. Tetapi karena intensitasnya, kompetisi di Inggris berada pada level yang sedikit lebih tinggi.”

De Jong sejatinya bisa bergabung ke Premier League musim ini bila Manchester City mewujudkan keinginan Pep Guardiola.

Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman mengungkapkan bahwa pelatih City adalah pengagum besar De Jong pada musim lalu.

"Saya sudah lama mendiskusikan dua nama dengan Pep dan keduanya adalah Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt," kata Koeman.

“Pep sangat menyukai tipe gelandang seperti Frenkie. Ia ingin tahu semua tentangnya.“

"Frenkie sekarang adalah salah satu gelandang terbaik di dunia. Kualitas terbesarnya? Ia memiliki kemampuan untuk menunggu satu atau dua detik sebelum ia memutuskan apa yang akan ia lakukan dengan bola."

Sementara ia mungkin memiliki beberapa pengagum terkenal di luar negeri, Valverde baru-baru ini menekankan bahwa ia mengharapkan lebih banyak dari De Jong di La Liga musim ini.