Gol dan Kemenangan Kontra Leeds United Tak Menyelesaikan Masalah Chelsea

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 05 Maret 2023
Gol dan Kemenangan Kontra Leeds United Tak Menyelesaikan Masalah Chelsea
Gol Wesley Fofana ke gawang Leeds United (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea akhirnya mendapatkan kemenangan yang dinantikan mereka dan juga fans. Pada pekan 26 Premier League di Stamford Bridge, Sabtu (04/03) malam WIB, The Blues menang tipis 1-0 melawan Leeds United arahan Javi Gracia.

Gol tunggal kemenangan Chelsea diciptakan oleh bek mereka, Wesley Fofana, pada menit 53. Menerima umpan dari sepak pojok yang diambil Ben Chilwell, Fofana menyambutnya dengan tandukkan kepala dan mencetak gol.

Chelsea menang dengan 59 persen penguasaan bola serta percobaan 13 tendangan (tiga tepat sasaran), tetapi Leeds cukup membahayakan pertahanan tuan rumah di babak kedua dan total punya 11 percobaan tendangan.

Kemenangan itu jadi yang ketiga dari 16 laga untuk Chelsea dan gol Fofana mengakhiri 396 menit tanpa gol untuk klub. Itu juga dibutuhkan untuk Chelsea dan kepercayaan diri pemain, khususnya mengurangi tekanan kepada Graham Potter.

Baca Juga:

Satu Tahun Penjualan Chelsea: Kenangan Indah Roman Abramovich, Masalah untuk Todd Boehly

Chelsea 1-0 Leeds United: The Blues Akhirnya Menang

3 Kandidat Pengganti jika Chelsea Pecat Graham Potter

"Tiga poin yang bagus, tiga poin yang penting. Ini bagus untuk kepercayaan diri dan moral. Para pemain menderita karena mereka peduli. Para pendukung juga menderita," papar Potter selepas laga dikutip dari BBC SPort.

"Kemenangan memberi kami kesempatan untuk pulih untuk pertandingan besar pada hari Selasa."

Chelsea memang tidak bisa lengah selepas kemenangan tersebut, sebab mereka akan menjamu Borussia Dortmund di leg dua 16 besar Liga Champions, Rabu (08/03) pukul 03.00 dini hari WIB. Chelsea tertinggal agregat gol 0-1.

Kemenangan dan Gol Tak Menyelesaikan Masalah

Dari sisi hasil akhir Chelsea mengakhiri laga dengan tiga poin dan itu penting untuk menjaga asa masuk zona Eropa. Tetapi gol dari Fofana tak begitu saja mengakhiri masalah Chelsea, apalagi Fofana bek dan tugas utamanya bukan mencetak gol.

Chelsea sudah menghabiskan 300 juta poundsterling pada bursa transfer musim dingin, Januari 2023, dan memiliki pemain-pemain ofensif seperti Kai Havertz, Raheem Sterling, Mykhaylo Mudryk, Noni Madueke, dan Joao Felix.

Akan tapi mereka tak mendulang cukup gol untuk Chelsea dan kesulitan melakukannya lawan Leeds, yang hanya sekali menang tandang musim ini.

"Itu (performa Chelsea) tidak meyakinkan. Mereka telah melakukan beberapa hal bagus dengan tempo tetapi mereka seharusnya lebih klinikal," ucap pandit sepak bola, Michael Brown.

"Masalahnya masih ada. Chelsea akan kesulitan karena mereka sepertinya tidak akan mencetak gol," tambah pandit lainnya, Danny Murphy.

Sejak awal November lalu Chelsea hanya mencetak tujuh gol di Premier League, hanya Everton dengan catatan terendah (enam gol). Di atas Chelsea tiga tim lainnya adalah Nottingham Forest (10 gol), Southampton (sembilan gol), dan Crystal Palace (delapan gol).

Potter juga tahu timnya belum mencapai performa optimal dan ia bertanggung jawab atas periode negatif Chelsea. Baginya Chelsea masih berusaha untuk berkembang.

"Bicara itu murah (gampang). Saya sangat percaya pada para pemain dan tim tetapi saya juga mengakui bahwa hasilnya belum cukup baik dan itu adalah tanggung jawab saya. Jadi kritik apapun benar-benar adil dan benar," tambah Potter.

"Kami harus menerima kritik, mencoba untuk berkembang dan menang. Itulah tugasnya," tegasnya.

Chelsea Premier League Leeds United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan