Hadapi Bali United, Persebaya Jajal Johan Yoga sebagai Bek

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 04 Januari 2022
Hadapi Bali United, Persebaya Jajal Johan Yoga sebagai Bek
Johan Yoga Utama. (Official Persebaya)

BolaSkor.com - Komposisi pemain bertahan Persebaya Surabaya masih menipis. Pelatih Persebaya Aji Santoso harus membuat beberapa alternatif. Salah satunya memindahkan peran pemain dari posisi aslinya.

Seperti diketahui, dua dari empat pemain Persebaya yang membela timnas Indonesia berposisi sebagai bek. Mereka adalah Rizky Ridho Ramadhani dan Rachmat Irianto. Sisanya kiper Ernando Ari Sutaryadi dan gelandang Ricky Kambuaya. Mereka masih harus menjalani karantina selama 10 hari setelah pulang dari Singapura.

Alhasil, keempat pemain tersebut belum dapat bergabung bersama Bajol Ijo untuk menghadapi laga tunda pekan ke-17 Liga 1 2021-2022 kontra Bali United, Rabu (5/12) malam. Pertandingan ini sejatinya digelar 13 Desember lalu sekaligus penutup putaran pertama.

Baca Juga:

PSM Makassar Perkenalkan 11 Pemain Baru untuk Putaran 2 Liga 1

Bali United Belum Pikirkan Strategi saat Tampil dengan Irfan Jaya

Pun demikian dengan Alie Sesay yang tidak masuk skuad timnas Sierra Leone untuk Piala Afrika 2022, belum boleh kembali membela Persebaya. Oleh Federasi Sepak Bola Sierra Leone, dia masih dijadikan cadangan sementara untuk skuad asuhan John Keister.

Meski begitu, Aji Santoso sudah menyiapkan opsi bermain tanpa Alie. Sangat mungkin duet M. Syaifuddin dan Arif Satria jadi andalan. Tak hanya itu, pelatih 51 tahun tersebut juga mempersiapkan Johan Yoga yang berposisi asli sebagai striker, kini sedang menjadi bek dadakan. Apalagi selama persiapan di Surabaya, Arif Satria sempat absen menderita sakit flu.

Posisi anyar untuk Johan sudah dijajal ketika laga uji coba melawan klub Liga 3, Belitong FC (30/12) lalu. Pemain jangkung itu mengaku mengisi posisi sebagai bek menjadi pengalaman pertamanya. Dia merasa canggung saat ditarik ke belakang apalagi mengawali laga sebagai striker dan sempat mencetak gol.

"Kan biasanya saya langsung mengarahkan (bola) ke gawang, justru sekarang harus dijauhkan. Jadi agak gimana gitu," akunya sembari tertawa.

Johan menegaskan siap memberikan yang terbaik bagi Persebaya dimana pun dipasang. Bahkan, pemain asli Semarang itu tak gentar untuk mematenkan posisi tersebut. "Kalau sudah dipercaya ya harus bisa lah. Saya berusaha menerapkan sesuai instruksi pelatih. Kalau bisa main bagus, ya teman-teman bek harus khawatir lah," tandasnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1 Bali United
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan