Hasil Survei: Penggunaan VAR di Premier League Harus Ditinjau Kembali

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 04 Februari 2020
Hasil Survei: Penggunaan VAR di Premier League Harus Ditinjau Kembali
VAR (Twitter)

BolaSkor.com - Para penikmat sepa kbola memberikan nilai rata-rata 4/10 untuk Video Assistant Referees (VAR). Mayoritas mengatakan bahwa VAR membuat permainan kurang menyenangkan, berdasarkan survei yang dibuat oleh YouGov, Selasa (04/02).

Jajak pendapat VAR adalah: 67 persen penggemar mengatakan VAR membuat menonton sepak bola kurang nyaman, 60 persen mengatakan VAR bekerja kurang efektif, delapan persen ingin VAR berjalan seperti sekarang, 74 persen mengatakan tetap menggunakan VAR, namun mengubah cara penggunaan nya, 15 persen ingin menghentikan penggunaan VAR sepenuhnya.

Hasil survei penggunaan VAR oleh YouGov

VAR berfungsi memberikan informasi di layar lebar tentang proses pengambilan keputusan, seperti pemberian kartu merah atau kartu kuning kepada pemain.

Video Asisten Wasit

Selain mengawasi dari pinggir lapangan, para wasit juga diharapkan untuk melihat dari layar VAR untuk meningkatkan kualitas dan menurunkan insiden kartu merah.

Baca Juga:

Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia Akan Gunakan VAR

Kepala Wasit UEFA Sebut VAR Sudah 'Offside'

Lampaui Kodrat, VAR Akan Jadi Bahasan Rapat Tahunan IFAB

Pihak Premier League telah mengadakan pertemuan dengan beberapa kelompok pendukung klub untuk menjelaskan bagaimana cara kerja serta mengapa VAR digunakan.

YouGov menemukan, 71 persen mendukung keterbatasan VAR, 81 persen mengatakan melihat rekaman video yang sama dengan VAR, 73 persen mengatakan mendengar percakapan antara wasit dan VAR, dan 80 persen memberikan dukungan untuk menggunakan monitor pitchside.

Dewan Internasional Asosiasi Sepak Bola (IFAB) mencegah Premier League serta kompetisi lain nya untuk tidak menampilkan rekaman ulang atau foto hingga wasit membuat keputusan.

IFAB juga tidak mengizinkan komunikasi audio langsung dari wasit atau VAR kepada para pendukung. Keputusan ini masih akan ditahan hingga rapat di Belfast pada 29 Februari.

Selain sepak bola, YouGov menemukan 73 persen menyukai teknologi VAR diterapkan di tenis, 67 persen di kriket, 63 persen di Persatuan Rugbi, dan 49 persen di Liga Rugbi.

Survei yang diambil YouGov berasal dari 1.419 orang dewasa mulai dari tanggal 15-22 Januari yang sering menonton pertandingan Premier League

Penulis: Alexander Matthew

Breaking News VAR Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.266

Bagikan