I Putu Gede sebagai Pelatih Kepala Arema FC Lewat Dokumen RECC

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 13 Februari 2023
I Putu Gede sebagai Pelatih Kepala Arema FC Lewat Dokumen RECC
I Putu Gede memimpin latihan Arema FC jelang laga kontra RANS Nusantara. (Media Arema FC)

BolaSkor.com - Arema FC menjawab berbagai pertanyaan seputar kelayakan lisensi kepelatihan yang dikantongi I Putu Gede. Karena seperti diketahui, pengganti Javier Roca itu tercatat masih menggunakan lisensi AFC A.

Padahal, Regulasi Liga 1 Pasal 33 menyatakan bahwa pelatih kepala wajib mengantongi minimal lisensi AFC Pro, UEFA Pro dan lisensi yang setara lainnya. Namun, ada pengecualian dalam pasal ini melalui RECC (Recognition of Experience and Current Competence).

Poin ini mengerucut pada pengakuan terhadap pengalaman dan kompetensi yang dilakukan seorang pelatih saat ini. Dalam konteks ini, seorang pelatih bisa menempuh opsi itu jika sedang menjalani lisensi kepelatihan AFC Pro dan belum lulus.

Baca Juga:

Tanggapan Pelatih Arema FC soal Gol Michael Krmencik yang Dinilai Offside

Kalah, I Putu Gede Akui Kualitas Arema FC di Bawah Persija

Penunjukan I Putu Gede oleh Arema FC juga didasarkan pada jalur tersebut. Karena sebelumnya, pelatih berusia 49 tahun itu juga menempuh opsi serupa ketika diresmikan sebagai Pelatih PSS Sleman pada putaran dua Liga 1 musim 2021/2022 lalu.

"Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Coach I Putu Gede sedang mengambil lisensi AFC Pro dan tengah memasuki modul ke-3. Beliau tengah menempuh lisensi AFC Pro satu angkatan dengan Coach Fakhir Husaini," ucap Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas.

Sehingga, klub Singo Edan memastikan bahwa I Putu Gede bukan sebagai pelatih sementara. Namun penunjukannya memang sebagai head coach alias pelatih kepala sebagai pengganti posisi Javier Roca.

"Tentu sebelum menunjuk, kami melakukan konsultasi terhadap situasi itu. Saat ini, kami tengah mengurus dokumen yang dibutuhkan seperti ke AFC (federasi sepak bola Asia) Jadi, bisa dipastikan lisensinya sudah aman sebagai pelatih kepala," tandas Wiebie. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Arema FC Liga 1 I putu gede Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.068

Bagikan