Indonesia Dipaksa Mundur dari All England, BWF Diam seperti Patung

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 18 Maret 2021
Indonesia Dipaksa Mundur dari All England, BWF Diam seperti Patung
All England 2021. (Twitter)

BolaSkor.com - Dipaksa mundurnya tim Indonesia dari gelaran All England 2021 tak bisa dihindari oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Badan yang dipimpin oleh Poul-Erik Hoyer Larsen itu tampak tak punya kekuatan untuk melobi Pemerintah Inggris.

Seperti diketahui, BWF memaksa seluruh kontingan Indonesia untuk mundur dari partisipasinya di All England 2021 pada Kamis (18/3) dini hari WIB. Keputusan ini ada kaitannya dengan COVID-19.

Seluruh anggota kontingen Indonesia sebenarnya tidak ada yang terinfeksi virus corona. Namun mereka mendapat email dari otoritas kesehatan Inggris (NHS) yang isinya kewajiban menjalankan isolasi mandiri selama 10 hari.

Baca Juga:

Ironi Atlet Indonesia di All England: Sudah Dipaksa Mundur, Pulang Jalan Kaki

Jika Interaksi Jadi Penyebab, All England 2021 Seharusnya Dihentikan

PBSI Bisa Saja Sewa Pesawat Pribadi, tetapi Manfaatnya Apa?

Hal ini tak lepas dari ditemukannya satu penumpang terinfeksi virus corona dalam rute penerbangan Istanbul menuju Birmingham. Sialnya, penumpang yang identitasnya tidak diketahui itu naik pesawat yang sama dengan rombongan Indonesia.

"Kami menyesali konsekuensi yang tidak menguntungkan ini, BWF dan Badminton England akan terus mengikuti semua protokol yang disyaratkan oleh Pemerintah Inggris dan otoritas kesehatan setempat untuk memastikan keselamatan semua peserta," tulis pernyataan resmi BWF.

Pemerintah Inggris memang telah mengeluarkan protokol kesehatan untuk menghadapi pandemi virus corona. Salah satunya adalah kewajiban melakukan isolasi mandiri bagi setiap orang yang teridentifikasi melakukan 'kontak dekat' dengan penderita COVID-19.

Namun BWF harusnya bisa melobi NHS untuk memberikan perlakuan berbeda kepada tim Indonesia. Hal itu karena seluruh skuat Merah Putih telah menjalani serangkaian tes dan hasilnya negatif.

Apalagi BWF sempat mengizinkan tujuh atlet dari kontingen lain yang sempat dinyatakan positif terinfeksi virus corona untuk tetap bertanding. Keputusan itu diambil setelah tes sehari setelahnya negatif.

BWF juga bisa berkaca dari perlakuan pemerintah Inggris terhadap kasus virus corona yang menimpa event olahraga lain. Premier League misalnya hanya mewajibkan pemain yang terinfeksi virus corona untuk menjalani isolasi mandiri sedangkan timnya bisa tetap bertanding.

Wajar jika kemudian kontingan Indonesia kecewa. Berbagai persiapan matang menuju turnamen bulutangkis bergengsi itu seolah menjadi sia-sia karena kesalahan orang lain.

All England Bwf Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan