BolaSkor.com - KNVB selaku Federasi Sepak Bola Belanda membuat keputusan untuk segera mengisi kekosongan di kursi kepelatihan timnas Belanda. Pengganti Frank de Boer itu sosok yang tidak asing lagi: Louis van Gaal.

Pelatih berusia 69 tahun diproyeksikan untuk Piala Dunia 2022 mengingat kontraknya hanya hingga akhir tahun 2022. Bagi pria berjuluk Iron Tulip itu akan jadi ketiga kali Van Gaal melatih Belanda setelah 2000-2001 dan 2012-2014.

Van Gaal sebelumnya juga pernah melatih di level klub dari Ajax Amsterdam, Barcelona, Bayern Munchen, hingga Manchester United. Pencapaian terbaik Van Gaal dengan Belanda adalah kala menjadi juara tiga Piala Dunia 2014.

Van Gaal yang sempat memutuskan pensiun melatih memiliki spesialisasi mengembangkan pemain-pemain muda, serta punya filosofi bermain ofensif. Iron Tulip merupakan julukan yang diberikan kepadanya karena ketegasannya dalam memimpin latihan serta metode kepelatihan yang keras.

Baca Juga:

Dituding Benci Pemain Brasil oleh Rafael, Van Gaal Angkat Bicara

Frank de Boer Mundur Latih Timnas Belanda, KNVB Bergerak Cari Pengganti

Sederet Fakta Menarik Kehancuran Belanda di Tangan Ceko

Belanda Selalu di Hati Louis van Gaal

Van Gaal tahu tugasnya adalah membangkitkan Belanda yang disingkirkan Republik Ceko secara mengejutkan di 16 besar Piala Eropa 2020. Baginya tidak sulit menerima pinangan KNVB karena Belanda selalu ada di hatinya.

"Sepak bola Belanda selalu dekat dengan hati saya dan melatih timnas dalam pandangan saya adalah posisi kunci untuk kemajuan lebih lanjut dari sepak bola kami," tutur Van Gaal di laman resmi KNVB.

"Selain itu, saya menganggap suatu kehormatan untuk melatih tim nasional Belanda. Ada sedikit waktu untuk pertandingan kualifikasi berikutnya, yang segera penting untuk partisipasi di Piala Dunia."

"Oleh karena itu, fokusnya segera 100 persen pada para pemain dan pendekatannya. Bagaimanapun, saya ditunjuk untuk itu."

"Senang bisa kembali. Sekarang saya sudah berbicara dengan sejumlah pemain dan staf teknis telah disatukan. Saya sangat menantikan untuk menyelesaikan pekerjaan bersama," pungkas Van Gaal.