Frank de Boer Mundur Latih Timnas Belanda, KNVB Bergerak Cari Pengganti

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 30 Juni 2021
Frank de Boer Mundur Latih Timnas Belanda, KNVB Bergerak Cari Pengganti
Frank de Boer (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Belanda secara mengejutkan disingkirkan oleh Republik Ceko di 16 besar Piala Eropa 2020 pada laga yang dihelat di Stadion Ferenc Puskas, Minggu (27/06) malam WIB. Selepas hasil itu Frank de Boer mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Belanda.

Kartu merah Matthijs de Ligt di laga itu mengubah jalannya laga. Republik Ceko mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dengan gol yang dilesakkan Tomas Holes (68') dan Patrik Schick (80').

Tekanan jadi alasan mundurnya De Boer sebagai pelatih timnas Belanda setelah sebelumnya menggantikan Ronald Koeman pada September 2020. Koeman pergi ke Barcelona.

Baca Juga:

Payahnya Belanda di Depan Ceko, Ciptakan Rekor Buruk Sejak 1980

Sederet Fakta Menarik Kehancuran Belanda di Tangan Ceko

8 Tim yang Lolos Perempat Final Piala Eropa 2020

Frank de Boer

"Saya telah memutuskan untuk tidak melanjutkan sebagai pelatih nasional. Tujuannya belum tercapai, itu jelas," tutur De Boer di laman resmi Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

"Ketika saya didekati untuk menjadi pelatih nasional pada tahun 2020, saya pikir itu suatu kehormatan dan tantangan, tetapi saya juga menyadari tekanan yang akan datang kepada saya sejak saya ditunjuk."

"Tekanan itu semakin meningkat sekarang, dan itu bukan situasi yang sehat bagi saya, juga bagi sepak bola Belanda dalam perjalanannya menuju kualifikasi Piala Dunia (2022). Saya ingin berterima kasih kepada semua orang, tentu saja para penggemar dan para pemain."

"Saya juga berterima kasih kepada manajemen yang telah menciptakan iklim olahraga terbaik di kampus ini."

KNVB Bergerak Mencari Pengganti

Direktur Sepak Bola Belanda Nico-Jan Hoogma mengomentari pengunduran diri De Boer. Target Belanda mencapai perempat final memang tidak tercapai, tapi ia terkejut De Boer mengundurkan diri dan kini KNVB akan mencari penggantinya.

"Meskipun semua upaya Frank, tujuan setidaknya mencapai perempat final belum tercapai," tutur Jan Hoogma.

"Jika itu tidak tercapai, kami akan mengevaluasi, yang mungkin bisa menghasilkan hasil yang berbeda. Kami telah bertaruh pada Piala Eropa yang lebih baik, tetapi itu tidak berhasil."

"Pilihan untuk Frank ternyata berbeda dari yang kami harapkan. Seorang pengganti sekarang harus ditemukan oleh saya, setelah konsultasi internal yang baik. Sangat penting untuk melakukannya, karena 1 September kami akan memainkan pertandingan kualifikasi penting melawan Norwegia di Oslo."

"Kami sekarang akan mengevaluasi lebih jauh, lebih luas dari sekedar pelatih, mempertajam profil, melakukan pekerjaan yang dapat diharapkan dari kami di sini."

"Pasti tidak akan mudah. Saya tidak akan menyebutkan nama, semuanya sangat baru sekarang. Ronald Koeman memiliki semacam aura dalam dirinya: dia benar-benar pemimpin, bos. Itu telah bekerja dengan sangat baik dan menempatkan kami semua di jalur tertentu. Saya berpikir ke arah itu, itulah perasaan yang saya miliki," urai dia.

Erik ten Hag

Media ternama Belanda De Telegraaf menilai Erik ten Hag, pelatih Ajax Amsterdam sebagai kandidat ideal pengganti De Boer di timnas Belanda. Pelatih berusia 51 tahun telah melatih Ajax dari 2017 dan mempersembahkan dua titel Eredivisie.

Breaking News Belanda Timnas Belanda Franck de Boer Piala eropa Piala Eropa 2020
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan