Italia Satu Grup dengan Inggris, Southgate dan Mancini Angkat Bicara

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 09 Oktober 2022
Italia Satu Grup dengan Inggris, Southgate dan Mancini Angkat Bicara
Roberto Mancini dan Gareth Southgate (Twitter)

BolaSkor.com - Takdir kembali mempertemukan timnas Inggris dan Italia setelah keduanya bermain di final Piala Eropa 2020, lalu di grup UEFA Nations League, dan kali ini pada fase grup Kualifikasi Piala Eropa 2024 di Jerman.

Dari undian yang dilakukan UEFA pada Minggu (09/10) malam WIB, Inggris dan Italia berada di grup C bersama dengan Ukraina, Makedonia Utara, dan Malta. Lawan-lawan yang cukup familier, khususnya bagi Italia.

Bagi Italia, Makedonia Utara merupakan mimpi buruk yang memupus harapan mereka bermain di Piala Dunia 2022 saat kalah di play-off - dua kali beruntun Italia tak main di Piala Dunia. Tetapi uniknya melawan Inggris, Italia punya kenangan bagus saat juara Piala Eropa 2020 kala laga final dihelat di Wembley.

Menanggapi hasil undian tersebut pelatih Inggris dan Italia, Gareth Southgate dan Roberto Mancini angkat bicara. Keduanya tidak lagi heran dengan hasil undian tersebut karena memang mereka sering bertemu sebelumnya.

Baca Juga:

Benarkah Cristiano Ronaldo Bikin Sinar Bruno Fernandes Meredup?

Target Cristiano Ronaldo: Piala Dunia 2022 dan Piala Eropa 2024

Hasil Undian Kualifikasi Piala Eropa 2024: Ulangan Final 2020, Belanda Jumpa Prancis

"Sungguh ironis ketika Anda memiliki pertandingan seperti yang kami miliki dan kemudian memainkannya lagi baru-baru ini sehingga Anda tampaknya memiliki hal-hal semacam ini,” tutur Southgate dikutip dari BBC Sport.

"Kami sepertinya bermain melawan Kroasia setiap lima menit belum lama ini dan sekarang sepertinya kami menghadapi situasi itu dengan Italia."

"Saya tahu bahwa kami akan mendapatkan Inggris atau Prancis, tapi tidak apa-apa. Ini grup lima tim yang layak, tidak ada pertandingan yang mudah, semua yang bisa kami ikuti," tambah Mancini.

Bahkan Ukraina tidak asing juga bagi Inggris yang menghadapi tim besutan Andriy Shevchenko pada perempat final Piala Eropa 2020 (Inggris menang 4-0).

"Kami tahu kualitas banyak pemain (Ukraina). Kami mendapat hasil bagus melawan mereka di Piala Eropa 2020 tetapi skornya tidak mencerminkan kualitas tim mereka. Itu akan menjadi pertandingan yang sulit," tambah Southgate.

10 pemuncak klasemen dan runner-up dari Kualifikasi Piala Eropa 2024 akan melengkapi 20 slot di turnamen, dengan tiga tempat lainnya ditentukan dari play-off yang dimainkan pada Maret 2024, play-off juga ditentukan dengan hasil-hasil tim di UEFA Nations League musim ini.

Apabila nanti saat 24 tim dipastikan lolos ke fase grup, maka undian grup akan dilakukan dan tim-tim bertarung mulai 14 Juni 2024 hingga 14 Juli 2024.

Total 51 laga akan dimainkan di 10 kota di Jerman yakni: Berlin, Munchen, Dortmund, Gelsenkirchen, Frankfurt, Stuttgart, Hamburg, Dusseldorf, Cologne, dan Leipzig.

Piala Eropa 2024 Inggris Timnas Inggris Italia Timnas Italia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan