BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkapkan alasan mengapa Mees Hilgers dan Kevin Diks batal dinaturalisasi.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan beserta jajaran dan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, sudah melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali.

Pertemuan ini membahas proses naturalisasi atau perpindahan pemain keturunan, yang bertujuan untuk membela Timnas Indonesia. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis (10/2).

Hasilnya, Menpora Zainudin Amali memberikan rekomendasi untuk proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat. Namun, untuk naturalisasi Mees Hilgers dan Kevin Diks batal terlaksana.

Baca Juga:

Hanya Sandy Walsh dan Jordi Amat yang Dinaturalisasi, Mees Hilgers serta Kevin Diks Dicoret

Ranking FIFA Indonesia Naik Tajam

"Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada pak Menpora, memimpin rapat hari ini merespon usulan dari pelatih Shin Tae-yong melalui kami," kata Iriawan, di Wisma Kemenpora, Jakarta Pusat, Kamis (10/2).

"Semua naturalisasi yang diminta Shin Tae-yong kami meneruskan kepada pemerintah untuk membantu segera proses kewarganegaraan untuk bisa bergabung dengan Timnas kita. Yang dua lainnya, keluarga mereka tak mengizinkannya. Kami pun tidak memaksa," tambahnya.

PSSI menargetkan Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022 mendatang. Namun, target ini tak akan mudah mengingat proses ini harus mendapat persetujuan DPR RI, Kementerian Hukum dan Ham RI, serta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).