BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-19/U-20 asuhan Shin Tae-yong berbeda dengan Timnas Indonesia U-19 sebelum-sebelumnya. Di era Shin Tae-yong, Skuat Garuda Muda diisi oleh beberapa pemain keturunan, mulai dari Elkan Baggott, Jack Brown, sampai dengan Kelana dan Noah Mahessa bersaudara.

Namun dari nama-nama tersebut, Jack Brown yang memiliki pasang surut di Timnas Indonesia U-19. Bagaimana tidak, dua kali pemain keturunan Indonesia-Inggris ini masuk seleksi Timnas Indonesia U-19, dua kali juga ia gagal.

Pertama pada tahun 2017 ketika umurnya masih 17 tahun, Jack Brown dipanggil oleh Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-19 kala itu untuk mengikuti seleksi. Namun karena usianya masih terlalu muda, Jack Brown pun akhirnya harus tersingkir.

Hal serupa ia rasakan pada awal tahun 2020. Jack Brown dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk pemusatan latihan (TC) di Cikarang. Pada saat itu, Jack Brown hanya berselang dua hari dari kedatangnya langsung mengikuti latihan. Hal itu yang membuatnya harus keluar dari seleksi.

Baca Juga:

David Maulana: Hampa Terasa Latihan Tanpa Shin Tae-yong

Efek Dijajah, Mayoritas Pemain Keturunan yang Dijajal Timnas Indonesia U-19 dari Belanda

Namun, perlahan perjalanan kariernya mulai membaik. Pemain yang bermain di Lincoln City ini kembali dilirik oleh Shin Tae-yong sebelum berangkat ke Kroasia. Hasilnya Jack bisa membayar kesempatan tersebut dengan penamilan yang baik selama TC dan berhasil mencetak tiga gol.

"Pada awal TC Januari lalu, kondisi saya memang belum siap. Adaptasi kurang lama, saya baru sampai langsung latihan, alhasil saya gagal mengeluarkan kemampuan terbaik yang saya miliki, saya terima itu," kata Jack Brown kepada BolaSkor.com.

Pemain berusia 19 tahun tersebut itu pun memberikan kunci bagaimana ia bisa bangkit dan akhirnya bisa masuk dalam Skuat Timnas Indonesia U-19. Salah satu faktor utamanya adalah fokus dalam setiap latihan yang ia jalani baik itu di klub atau latihan mandiri.

Jack Brown. (PSSI)

"Dukungan keluarga menjadi salah satu faktor utama saya. Tapi saya bisa begini karena kerja keras dan fokus saya selama latihan. Karena dua hal tersebut bisa mengembangkan pribadi saya jauh lebih matang dari sebelumnya," pungkas Jack Brown.

Saat ini Timnas Indonesia U-19 sedang menjalani TC di Jakarta mulai dari 13-23 November 2020. Shin Tae-yong memanggil 38 pemain, Jack pun masuk dalam nama-nama pemain yang dipanggil tersebut.

TC ini merupakan persiapan Timnas Indonesia U-19 unutk berlaga di Piala Asia U-19 yang akan berlangsung di Uzbekistan pada 3-20 Maret 2021. Lalu Piala Dunia U-20 pada Mei 2021 dimana Indonesia menjadi tuan rumah ajang dua tahunan tersebut