Jelang Duel Klasik Kontra Persija, Lini Belakang Persebaya Terancam Pincang

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 02 April 2023
Jelang Duel Klasik Kontra Persija, Lini Belakang Persebaya Terancam Pincang
Selebrasi gol Persebaya lewat Sho Yamamoto. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya tidak dalam kekuatan terbaik untuk melakoni duel klasik kontra Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 2022/2023. Kondisi ini membuat pelatih Persebaya Aji Santoso harus melakukan sejumlah perubahan komposisi pemain.

Persebaya dipastikan kehilangan beberapa pemain kunci pada laga menjamu Persija di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Rabu (5/4) malam. Dimulai dari lini belakang, setidaknya ada tiga pemain yang absen. Ketiganya merupakan pemain berposisi bek tengah.

Pertama sosok Leonardo Silva Lelis berpotensi menjadi penonton karena engkelnya bermasalah usai laga menghadapi PSIS Semarang (29/3). Kemudian ada Riswan H. Lauhin yang notabene sebagai pemain cadangan harus absen karena menerima kartu merah ketika menghadapi Persikabo 1973, Sabtu (25/3) lalu.

Baca Juga:

Rizky Dwi Bawa Arema FC Menang di Markas Persita

Witan Sulaeman Belum Segacor di Timnas, Asisten Pelatih Persija Memaklumi

"Kondisi semua dalam keadaan baik kecuali si Leo (Lelis) agak minggir karena engkelnya ada sedikit bengkak," ungkap pelatih Persebaya Aji Santoso.

Situasi ini diperparah dengan berakhirnya masa kontrak stopper langganan timnas Indonesia, Rizky Ridho Ramadhani. Kontrak pemain binaan Persebaya yang juga kelahiran Surabaya tersebut resmi berakhir pada (31/3) kemarin. Dan dia memilih untuk tidak memperpanjang masa baktinya. Bek muda tersebut dikabarkan akan berlabuh ke Persija Jakarta.

Tak hanya itu, Bajol Ijo juga tidak dapat menurunkan gelandang asal Portugal, Jose Pedro Magalhaes Valente dan winger dari Jepang Sho Yamamoto. Keduanya harus absen karena akumulasi kartu kuning.

Kondisi tersebut membuat Aji Santoso harus memutar otak memilih pemain pengganti yang sepadan mengingat peran krusial mereka selama ini. Pelatih berusia 52 tahun itu menegaskan bahwa ini merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh pemain yang ditunjuk sebagai pengganti untuk menampilkan kualitasnya. Karena mereka bisa bermain dari awal.

"Saya harus memutar (otak) mencari pengganti yang kira-kira pas. Tapi saya sampaikan kepada seluruh pemain justru ini kesempatan pemain yang selama ini menjadi pemain pengganti bisa main lebih awal," ungkap Aji Santoso.

"Jadi ini kesempatan bagus untuk bisa tampil pemain-pemain yang selama ini sebagai pengganti menjadi pemain starter. Mereka harus menunjukkan kalau pantas diberikan kesempatan bermain," tambah juru taktik asal Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut.

Aji Santoso menyebutkan dengan banyaknya pemain kunci yang absen, tim asal Kota Pahlawan harus tampil lebih keras dalam menghadapi Persija. Karena lawan merupakan tim bagus.

"Menurut saya Persija tim bagus ada di papan atas materinya pemain muda dengan kualitas yang merata. Jelas kami membutuhkan fighting spirit yang bisa mengalahkan Persija," pungkasnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Persija jakarta Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan