Jonathan Khemdee Lempar Medali dan Boneka Maskot SEA Games 2023, Pejabat Kamboja Geram

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 17 Mei 2023
Jonathan Khemdee Lempar Medali dan Boneka Maskot SEA Games 2023, Pejabat Kamboja Geram
Jonathan Khemdee. (FAT)

BolaSkor.com - Pejabat Kamboja geram dengan sikap yang ditunjukkan bek Timnas Thailand U-22, Jonathan Khemdee. Usai seremomi medali, Jonathan Khemdee melemparkan medali peraknya dan boneka maskot ke tribun penonton.

Ia kemudian melakukan wawancara dengan media dan menyatakan kekecewaannya terhadap apa yang terjadi di lapangan dan pinggir lapangan, termasuk kepemimpinan wasit. Selain itu, ia menyatakan ingin istirahat dari Timnas Thailand setidaknya 2-3 tahun.

Seperti diketahui turut terjadi kericuhan dalam pertandingan. Yang pertama terjadi usai gol kedua Thailand yang dicetak Yotsakon Burapha pada menit ke-90+7. Gol tersebut membuat kedudukan menjadi 2-2.

Sebelum gol tersebut, personel Timnas Indonesia U-22 sempat berselebrasi karena menyangka wasit meniup peluit panjang saat kedudukan 2-1 untuk Indonesia.

Baca Juga:

Kericuhan di Final Kontra Timnas Indonesia U-22, Federasi Thailand Menyesal dan Akan Jatuhkan Hukuman

Muhammad Ferarri Kehilangan Kata-kata Usai Timnas U-22 Akhiri Puasa Medali Emas SEA Games

Kericuhan terjadi menyusul provokasi yang dilakukan oleh ofisial dan pemain Timnas Thailand U-22. Pihak di Timnas Thailand U-22 berlari di depan bench Indonesia. Gesekan pun terjadi.

Adapun kericuhan kedua terjadi menyusul gol ketiga Indonesia yang dicetak Irfan Jauhari di babak tambahan pertama (94'). Komang Teguh dan kiper Thailand dikartu merah usai saling pukul, pun dua ofisial Thailand yang melepaskan pukulan.

Joanthan Khemdee juga mendapat kartu merah pada menit 102 sebagai akumulai kartu kuning. Laga dimenangi Indonesia 5-2 dan berhak atas medali emas.

(Tangkapan Layar)

Dua pejabat Kamboja pun langsung bereaksi yakni Chum Kosal, Sekretaris Negara Kementerian Penerangan dan Yong Pov, Sekretaris Jenderal Royal Academy of Cambodia. Mereka berdua mengkritik dan tidak menyukai sikap pemain sepak bola Thailand.

Chum Kosal dalam laman Facebook seperti dilaporkan Kampucheathmey, menyebut Jonathan Khemdee tidak profesional dan sangat tidak sopan kepada tuan rumah.

"Medali dan boneka SEA Games yang diberikan kepada para pemain sangat berharga, bukan hanya untuk semua orang, tapi untuk para pembina acara," ujarnya.

Sekretaris Negara Kementerian Penerangan itu juga menyarankan agar Federasi Sepak Bola Thailand merespons sekaligus membina Jonathan. Sedangkan Yong Pov turut membagian video sikap pemain Thailand tersebut.

Thailand SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan