Jumlah Pengikut Jadi Perhatian Media Korsel, Shin Tae-yong Beri Tanggapan

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 03 Januari 2022
Jumlah Pengikut Jadi Perhatian Media Korsel, Shin Tae-yong Beri Tanggapan
Shin Tae-yong bersama Asnawi Mangkualam. (Instagram Shin Tae-yong)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menanggapi peningkatan jumlah followers atau pengikut di akun Instagram-nya. Hingga Senin (3/1) sore, pengikutnya sudah lebih dari 600 ribu.

Kenaikan terjadi selama memimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, yang telah berlangsung sejak 5 Desember.

Timnas Indonesia melaju ke semifinal usai menang 4-1 atas Malaysia dan menahan imbang sang juara bertahan Vietnam 0-0 di fase grup. Itu setelah lebih dahulu mengalahkan Laos dan Kamboja.

Sementara di semifinal, skuat Garuda mengalahkan tuan rumah Singapura dengan agregat 5-3. Indonesia bermain imbang 1-1 di leg pertama, sebelum secara dramatis mengalahkan The Lions 4-2 di leg kedua.

Baca Juga:

Tan Cheng Hoe Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Malaysia

Kata Pratama Arhan Usai Jadi Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

Adapun di final, Indonesia takluk agregat 2-6 dari Thailand. Indonesia kalah 0-4 di partai pertama, sebelum bermain 2-2 di leg kedua.

Sebelum Piala AFF 2020 berlangsung, jumlah pengikut Shin Tae-yong masih berada di bawah 100 ribu. Shin Tae-yong baru mengetahui kenaikan jumlah pengikut setelah tiba di Jakarta.

"Saya dikarantina begitu datang ke Indonesia. Jadi saya tidak tahu, tetapi pengikut Instagram saya 100 ribu, tetapi selama kompetisi jumlah melonjak, hingga 600 ribu. Di Instagram, banyak ketertarikan dan saya mendapat pujian," terang Shin Tae-yong dikutip dari Yonhap News.

Dalam wawancara dengan media Korea Selatan (Korsel) itu, Shin Tae-yong juga menjelaskan bahwa para pemainnya sudah berjuang dengan baik sampai akhir. Asnawi Mangkualam dkk. dijelaskannya mengalami peningkatan pesat.

Peningkatan salah satunya terlihat dalam kemampuan mencetak gol. Meski diakui Timnas Indonesia kekurangan striker mumpuni.

"Ada beberapa kekecewaan tentang hasil Piala AFF, tetapi semua pemain pantas mendapatkan ucapan selamat," terangnya.

Adapun soal Thailand, ia menganggap layak menjadi juara. "Thailand jelas tim kuat. Liga Thailand menempati urutan pertama Liga di Asia Tenggara. Tidak mudah menaikkan level tim nasional jika liga domestik tidak mendukung. Liga dan tempo permainan harus ditingkatkan dengan cepat."

Ke depan Shin Tae-yong juga semakin fokus dalam pembentukan Timnas U-20. Apalagi Indonesia akan menjadi tuan rupah Piala Dunia U-20 2023.

Shin Tae-yong Timnas Indonesia Piala aff Piala AFF 2020
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan