Justin Hubner Ungkap Alasan Batal Naturalisasi pada April 2023

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 08 Desember 2023
Justin Hubner Ungkap Alasan Batal Naturalisasi pada April 2023
Justin Hubner saat disumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham RI. (PSSI)

BolaSkor.com - Bek Wolverhampton Wanderes, Justin Hubner, sudah resmi menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI). Ini setelah pemain berumur 20 tahun itu mengikat sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham Republik Indonesia, Jakarta Timur, Rabu (6/12) pagi hari WIB lalu.

Jelas ini menjadi kelegaan bagi PSSI, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, dan Justin Hubner. Pasalnya, pemain yang berposisi sebagai bek itu sempat batal dinaturalisasi pada April 2023.

Saat itu, Justin Hubner diproyeksikan membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, meski pada akhirnya turnamen akbar itu batal terselenggara di Tanah Air. Ia diproyeksikan dinaturalisasi bersama Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Baca Juga:

Kesan Justin Hubner Masuk Skuad Wolverhampton Wanderers Kontra Arsenal

Justin Hubner Ingin Segera Debut bersama Timnas Indonesia

Namun, hanya Ivar Jenner dan Rafael Struick yang proses naturalisasinya berlanjut hingga menjadi WNI. Justin Hubner mandek di tengah jalan.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, pernah mengatakan dari tiga nama di atas, hanya satu nama yang masih alot dalam negosiasi.

"Ada permintaan dari pihak Hubner yang memang tidak bisa kami penuhi. Jadi, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan proses naturalisasi," jelas Arya Sinulingga pada 17 April 2023 lalu.

Justin Hubner
Justin Hubner saat disumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham RI. (PSSI)

Kini, Justin Hubner sudah resmi menjadi WNI. Ia pun membeberkan apa alasannya sempat menunda ajakan proses naturalisasi tersebut.

"Rasanya sulit. Ketika itu, umur saya 19 tahun. Sangat sulit untuk membuat keputusan. Tapi, saya selalu mengatakan bahwa saya ingin bermain untuk Timnas Indonesia. Tapi, satu-satunya hal seperti seusia saya, saya masih agak muda dan memerlukan waktu untuk memikirkannya," tutur Justin Hubner.

"Saya mempunyai waktu sekarang dan saya merasa sangat baik, serta saya merasa siap membela Timnas Indonesia," tambah bek kelahiran Den Bosch, Belanda, pada 20 September 2003 ini.

Kini, ia hanya tinggal mengurus administrasi perpindahan federasi dari KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda) ke PSSI. Ini dilakukan agar Justin Hubner bisa membela Timnas Indonesia.

Ia berkesempatan membela Skuad Garuda di Piala Asia 2023 Qatar, 12 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang. Di mana, Timnas Indonesia bersaing di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Justin Hubner Timnas Indonesia Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.110

Bagikan