Kabar Gembira, Liga 1 Akan Dihadiri Penonton pada Akhir November

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 29 Oktober 2021
Kabar Gembira, Liga 1 Akan Dihadiri Penonton pada Akhir November
Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengatakan rencana Liga 1 2021/2022 akan dihadiri penonton akan segera terlaksana. Tepatnya pada akhir November 2021. Namun, penonton yang hadir adalah undangan, bukan bersifat komersil.

"Insha Allah akhir November sudah bisa ada penonton (uji coba dengan undangan). Kalau tempat masih diskusikan, karena nanti kan itu tepatnya seri ketiga. Tapi memang bagusnya di Manahan, sudah ada nomor di bangku penonton. Ini juga sudah standar FIFA," kata Akhmad Hadian Lukita kepada BolaSkor.com.

Baca Juga:

Kemenko Marves: Prokes Liga 1 Jadi Acuan Cabor Lain

Empat Stadion Bali Diverifikasi sebagai Opsi Seri 3 dan 4 Liga 1

PT LIB memang merancang uji coba Liga 1 dihadiri penonton dengan menghadirkan undangan, seperti stakeholders sepak bola nasional, para petinggi klub, hingga ketua kelompok suporter. Maksimal kehadiran 500-1000 penonton. Nantinya, ketua kelompok suporter bisa men-sosialisasikan ke anggotanya mengenai protokol kesehatan (prokes).

"Rencananya kalau komersil tentu seri keempat pada awal tahun," tambah pria yang akrab disapa Luluk tersebut.

Stadion Manahan
Stadion Manahan. (Bhayangkara FC)

Seri Ketiga Diputuskan Awal November

PT LIB akan menggelar rapat bersama PSSI terkait daerah untuk menggelar seri ketiga Liga 1, pada pekan depan. Ini akan memutuskan apakah seri ketiga digelar di Jawa Timur (Jatim) atau tidak.

Sejauh ini, Jatim dinilai sulit untuk menggelar seri ketiga Liga 1, karena banyaknya rivalitas suporter. Contoh Persija Jakarta dan Arema FC tidak bisa bermain di Surabaya. Lalu Persib Bandung dan Persebaya Surabaya tidak bisa main di Malang.

Belum lagi, insiden pemecahan kaca bus Arema FC oleh oknum suporter Persebaya. Walaupun Arema FC dan Persebaya berbesar hati dan menganggap masalah ini selesai.

Bali menjadi kandidat seri ketiga pengganti Jatim. LIB sudah melakukan verifikasi terhadap empat stadion di Bali, yakni Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion Ngurah Rai (Denpasar), Stadion Kompyang Sujana (Denpasar), dan Gelora Samudra (Badung). Ada opsi seri ketiga lanjut di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Sejauh ini klub tidak masalah main di mana. Nanti setelah rapat dengan PSSI, Insha Allah awal November sudah ada keputusan," ujar Akhmad Hadian Lukita.

PT LIB PT Liga Indonesia Baru Liga 1 Akhmad Hadian Lukita Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.117

Bagikan