Kalahkan Polandia, Gli Azzurri Lestarikan Budaya Orang Italia

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 16 November 2020
Kalahkan Polandia, Gli Azzurri Lestarikan Budaya Orang Italia
Timnas Italia (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Italia meraih kemenangan penting saat menjamu Belgia dalam matchday kelima grup 1 Liga A UEFA Nations League. Hasil positif itu menjaga peluang Gli Azzurri untuk lolos ke semifinal.

Dalam laga yang berlangsung di Stadio Citta del Tricolore, Senin (16/1) dini hari WIB, Italia menang dengan skor 2-0. Eksekusi penalti Jorginho pada menit ke-27 dan gol Domenico Berardi tujuh menit jelang waktu normal berakhir menjadi pembeda.

Kemenangan atas Polandia membawa Italia merebut puncak klasemen. Tim asuhan Roberto Mancini tersebut butuh memenangi laga terakhir kontra Bosnia Herzegovina untuk mengunci tiket ke empat besar.

Baca Juga:

Hasil Laga-laga UEFA Nations League: Italia dan Belanda Raih Kemenangan

Inggris Kalah dari Belgia, Gareth Southgate Samai Catatan Minor Sven-Goran Eriksson

Hasil UEFA Nations League: Asa Inggris ke Semifinal Dipupus Belgia

Italia vs Polandia

Menariknya, kemenangan Italia itu tidak diraih dengan mudah. Persiapan mereka terganggu dengan wabah virus corona dan cedera sejumlah pemain kunci.

Sebanyak 21 pemain yang reguler mengisis skuat Italia terpaksa harus absen karena dua alasan tersebut. Mancini bahkan tidak bisa mendampingi tim karena juga harus menjalani isolasi mandiri.

Di tengah situasi sulit itu, Italia justru mampu memaksimalkan potensinya. Dengan mayoritas pemain muda minim pengalaman, tim yang dipimpin Alberico Evani itu mampu menjawab keraguan.

“Ini adalah budaya kami. Orang Italia memberikan yang terbaik pada masa-masa sulit dan menjadi lebih bersatu," kata Evani kepada RAI Sport.

"Itu yang saya minta dari para pemain sebelum pertandingan dan mereka luar biasa."

Kekuatan Italia memang justru sering tampil maksimal saat dalam posisi terjepit atau dilanda masalah. Perjalanan saat merebut trofi Piala Dunia 2006 menjadi bukti nyatanya.

Saat itu Italia dilanda kasus Calciopoli yang melibatkan sejumlah klub besar dan para pemain bintang. Namun tim yang ditangani Marcello Lippi tersebut justru tampil solid hingga tangga juara.

Namun kemenangan atas Polandia tidak membuat Italia jemawa. Evani sadar hasil ini tidak akan berarti apa-apa andai mereka terpeleset saat menghadapi Bosnia.

"Kami harus menang, kami melakukannya bahkan dengan semua kesulitan itu. Sekarang kami ingin memulihkan energi dan mengakhiri grup dengan semangat," pungkasnya.

Timnas Italia Timnas Polandia UEFA Nations League Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan