BolaSkor.com - Desainer lintasan papan atas Formula 1, Tilke merilis simulasi satu lap melalui posisi kamera onboard di sirkuit yang sedang disiapkan Vietnam untuk menggelar event balap jet darat.

Untuk diketahui, GP Vietnam yang berlangsung di Hanoi akan mulai digelar pada tahun 2020. Dalam video ini, terkuak sirkuit hasil desain Hermann Tilke ini memiliki 22 tikungan dan panjang 5,565 km.

Baca Juga:

Lewis Hamilton Satu-satunya Pembalap yang Satu Level dengan Ayrton Senna

Ferrari Uji Pemutakhiran SF90 di Azerbaijan

Paling menarik, beberapa sektor sirkuit mengadopsi sektor trek ikonik di dunia. Seperti tikungan pertama trek ini yang memiliki karakteristik tikungan hairpin tajam yang mengambil inspirasi dari Sikruit Nurburgring, Jerman.

Kemudian di sektor akhir, pembalap akan melalui Tikungan 16 hingga 19 yang mirip dengan sektor Esses di Sirkuit Suzuka, Jepang. Alhasil memaksa pembalap untuk memacu dengan kecepatan tinggi dalam jarak yang sangat dekat.

Carsten Tilke, desainer trek yang merupakan CEO perusahaan Tilke, yakin sirkuit GP Vietnam akan disukai baik oleh pembalap maupun fan.

“Ini adalah lintasan yang sangat spektakuler. Ini adalah sebuah gabungan dari beberapa elemen trek klasik seperti Esses di Suzuka, yang biasanya tidak bisa dilakukan di sirkuit jalanan, dan elemen lainnya yang memang hanya bisa dilakukan di venue tengah kota, “ ujar Tilke.

GPVietnam 2020 ini bisa menjadi strategi dari penyelenggara F1, Liberty Media untuk memperluas serta menumbuhkan olahraga ini di kawasan Asia Tenggara. Terlebih setelah Sirkuit Sepang, Malaysia menarik diri.* (MA01-Arina Novia)

Baca Berita Selengkapnya soal F1 Lainnya di KabarOto.com