Kehilangan Dua Pemain Inti, Persebaya Siapkan Strategi Ladeni Borneo FC

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 02 Februari 2023
Kehilangan Dua Pemain Inti, Persebaya Siapkan Strategi Ladeni Borneo FC
Para pemain Persebaya Surabaya menjalani sesi official training di Stadion Gelora Joko Samudro, Kamis (2/2) pagi. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Tampil di depan pendukung sendiri, Bonek, membuat Persebaya Surabaya bertekad mengamankan poin penuh pada pekan ke-22 Liga 1 2022/2023. Persebaya tak gentar menjamu Borneo FC Samarinda yang lebih baik posisinya di klasemen sementara.

Pelatih Persebaya Aji Santoso meminta anak asuhnya kerja keras untuk meraih kemenangan pada laga di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jumat (3/2) sore. Menurutnya, Borneo FC bermaterikan pemain yang bagus.

"Secara posisi (klasemen sementara), Borneo FC lebih baik daripada Persebaya. Saya sampaikan ke pemain untuk bisa menjadikan motivasi agar meraih poin penuh di kandang," ujar Aji Santoso dalam sesi jumpa pers jelang pertandingan, Kamis (2/2).

Pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut mengatakan M. Alwi Slamat dkk. perlu mewaspadai sejumlah pemain Borneo FC. Dia menyebutkan skuad Pesut Etam memiliki pemain bagus pada sosok Jonathan Ezequiel Bustos, gelandang asal Argentina yang telah tampil 18 kali dan menyumbangkan masing-masing empat gol dan assist.

Baca Juga:

Kesan Egy Maulana Vikri Cetak Gol pada Laga Debut di Liga 1

Hasil Liga 1 2022/2023: Egy Maulana Vikri Cetak Gol Debut, Dewa United FC Imbang

Selain itu, ada nama pemain naturalisasi Stefano Jantje Lilipaly dengan 19 kali penampilan telah berkontribusi empat gol dan lima assist. Serta penyerang Matheus Antonio de Sousa Pato yang mencetak 12 gol dan satu assist dari 19 pertandingan.

Ketiga pemain tersebut menjadi motor permainan Borneo FC hingga bertengger di peringkat keempat. Aji Santoso mengaku telah melihat pertandingan terakhir Borneo FC ketika mengalahkan Persik Kediri dengan skor 2-0 di Stadion Segiri, Samarinda (30/1) lalu.

"Saya tahu pemain yang perlu mendapat perhatian khusus, tetapi saya tidak menerapkan man to man marking. Yang jelas saya mengetahui satu persatu cara bermain mereka. Dan akan tekankan ke pemain bagaimana (Persebaya) harus bermain," beber Aji Santoso.

Sayang, kekuatan Bajol Ijo tereduksi kendati tengah dalam tren positif dengan empat kemenangan beruntun. Mereka tidak dapat diperkuat bek asing yang telah menyumbangkan lima gol, Leonardo Silva Lelis lantaran akumulasi kartu kuning.

Selain itu, Persebaya dipastikan kehilangan Marselino Ferdinan. Pemain berusia 18 tahun itu telah hengkang ke klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze.

Aji Santoso mengatakan telah menyusun strategi untuk antisipasi. Sebagai pengganti Leo Lelis, nama Riswan Lauhin bisa menjadi pilihan pertama berduet dengan Rizky Ridho Ramadhani.

"Menurut saya juga pernah main (duet) Ridho sama Riswan. Saya rasa gak ada masalah. Saya gak pernah tergantung satu pemain. Tinggal bagaimana Riswan menunjukkan dia layak main (starter)," tegas pelatih berusia 52 tahun itu.

Sementara itu, kiper Ernando Ari Sutaryadi juga tidak risau kendati tidak diperkuat Leo Lelis. Dia percaya pemain yang diturunkan Aji Santoso dapat tampil dengan baik. "Yang penting (beri) kepercayaan supaya teman kita bisa tampil maksimal besok" ucapnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Borneo FC Liga 1 Aji santoso Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan