Kenalan dengan Yoshimi Yamashita, Wasit Wanita Asal Jepang yang Pimpin Piala Dunia 2022

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 12 Oktober 2022
Kenalan dengan Yoshimi Yamashita, Wasit Wanita Asal Jepang yang Pimpin Piala Dunia 2022
Yoshimi Yamashita (Twitter)

BolaSkor.com - FIFA selaku penyelenggara Piala Dunia 2022 kembali melakukan terobosan. Kali ini, FIFA menunjuk beberap wasit wanita untuk menjadi pengadil pada ajang empat tahunan tersebut. Satu di antaranya adalah Yoshimi Yamashita yang berasal dari Jepang.

Dalam beberapa tahun terakhir, memang sudah tidak asing lagi melihat wasit wanita memimpin sebuah laga sepak bola di kasta tertinggi. Pada musim ini, Serie A mengambil langkah tersebut.

Kali ini, giliran Piala Dunia 2022 Qatar yang melakukannya. Selain Yoshimi Yamashita, masih ada dua wasit wanita lainnya. Mereka adalah Stephanie Frappart dari Prancis dan Salima Mukansanga asal Rwanda.

Satu di antara wasit wanita yang perjalanannya paling menarik adalah Yoshimi Yamashita. Ia merupakan wasit wanita profesional pertama di Jepang.

Awal mula Yamashita terjun ke dunia wasit adalah ketika masih kuliah. Ketika itu, ia diajak wasit senior.

Baca Juga:

Nostalgia Piala Dunia: Epilog Pahlawan Brasil Berkaki Bengkok dan Panjang Sebelah, Garrincha

Paulo Dybala Terancam Lewatkan Piala Dunia 2022

Jadi Lawan di Piala Dunia 2022, Rodrigo Bentancur Ancam Son Heung-min

"Bozono Makoto yang merupakan wasit internasional FIFA mendekati saya ketika kuliah. Dia sudah bekerja sebagai wasit jadi saya tidak bisa menolak undangan dari senior. Saya hanya berkata, ya," urai Yamashita pada laman resmi federasi sepak bola Jepang.

Awalnya, pekerjaan menjadi wasit tidak membuatnya nyaman. Apalagi, ia hanya ditunjuk sebagai asisten wasit pada awal perjalanan. Namun, lambat laun ia terus mendapatkan kepercayaan memimpin laga. Yamashita juga pernah memimpin laga Liga Champions AFC.

Yamashita ingin memberikan yang terbaik pada Piala Dunia nanti. Ia tidak ingin membuang peluang yang diberikan.

"Saya terkejut dan tidak percaya ketika pertama kali mendengarnya. Namun, pada saat yang sama saya merasakan tanggung jawab yang besar," ulas wanita yang lahir di Tokyo tersebut.

"Sebagai wasit Jepang pertama, Asia pertama, dan wanita pertama, saya harus memahami sentimen terhadap Piala Dunia bagi kebanyakan orang," jelas Yamashita.

Yamashita menjadi bagian dari 36 wasit yang akan bertugas pada Piala Dunia 2022. Menurut laporan, ada tiga wanita lainnya yang masuk daftar 69 asisten wasit.

"Saya juga tidak mau merusak apa yang telah dibangun para senior dan kepercayaan kepada rekan-rekan wasit," papar wasit wanita pertama di J1 League itu.

Yamashita berharap, laga yang dipimpinnya nanti akan berjalan mulus. Dengan begitu, para penonton bisa menikmati laga.

"Para pemain bersemangat untuk menang dan para penonton tergerak dengan semangat tersebut. Saya ingin menjadi wasit yang membantu penonton menikmati laga sambil merasakan berbagai emosi," ungkap wanita 36 tahun tersebut.

Piala Dunia 2022 Qatar Piala dunia 2022 Breaking News Yoshimi Yamashita
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.524

Bagikan