Kenangan Wolfgang Pikal terhadap Sang Mentor Alfred Riedl, Sosok Disiplin dan Kadang Lucu

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Rabu, 09 September 2020
Kenangan Wolfgang Pikal terhadap Sang Mentor Alfred Riedl, Sosok Disiplin dan Kadang Lucu
Alfred Riedl bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. (PSSI)

BolaSkor.com - Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl meninggal dunia, di Wina, Austria, Senin (7/9) malam waktu setempat. Wolfgang Pikal yang merupakan asisten pelatih dari Riedl selama menukangi Timnas Indonesia mengaku sedih atas kepergian Riedl.

"RIP coach Alfred, teman dan mentor saya. Terimakasih untuk pertemanan, ilmu, pengetahuan, dan pengalaman yang diberikan kepada saya," kata Wolfgang Pikal dalam keterangan tertulis kepada awak media, Selasa (8/9).

Pikal mengaku, sosok yang kerap disapa Opa ini merupakan salah satu mentornya dalam dunia kepelatihan. Bahkan Pikal menyebutkan Opa sudah memberikan banyak pelajaran untuknya selama menjadi asistennya.

Baca Juga:

Mantan Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl Meninggal Dunia

Obituary Alfred Riedl: Opa dengan Rasa Nasionalisme Indonesia yang Tinggi

Pikal merupakan sosok yang sangat dekat dengan Opa. Ia selalu mendampingi Riedl ketika menjadi pelatih Timnas Indonesia baik ketika tahun 2010 sampai dengan tahun 2016.

"Coach Alfred orang yang sangat disiplin, lurus, jujur, dan kadang juga lucu. Dia sangat terbuka untuk masukan dari staf. Ilmu serta pengalamannya selama 30 tahun di sepak bola internasional luar bisa. Dia manusia hebat," pungkas juru taktik berusia 56 tahun itu.

Pria kelahiran 2 November 1949 tersebut diketahui menukangi Timnas Indonesia pada tiga kesempatan berbeda, yakni 2010-2011, 2013-2014, dan 2016. Dari tiga kesempatan tersebut, prestasi terbaiknya adalah membawa skuad Garuda sebagai runner-up Piala AFF 2010 dan 2016.

Kendati gagal membawa Timnas Indonesia meraih gelar juara Piala AFF 2010 dan 2016, Alfred Riedl tetap dikenang oleh publik sepak bola Tanah Air. Sebab, dirinya mampu mengantarkan Timnas Indonesia ke Final Piala AFF untuk pertama kalinya sejak 2004.

Alfred riedl Timnas Indonesia Wolfgang pikal Breaking News
Posts

4.871

Bagikan