Kesaksian Dokter Timnas Denmark saat Tangani Christian Eriksen

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Minggu, 13 Juni 2021
Kesaksian Dokter Timnas Denmark saat Tangani Christian Eriksen
Christian Eriksen. (Reuters)

BolaSkor.com – Insiden yang menakutkan terjadi saat Denmark menghadapi Finlandia di Parken Stadium, Kopenhagen, Sabtu (12/6) malam WIB.

Gelandang timnas Denmark, Christian Eriksen tiba-tiba pingsan saat pertandingan berlangsung tanpa berbenturan dengan pemain lain di lapangan. Insiden Eriksen pingsan di lapangan membuat laga sempat dihentikan.

Sadar kondisi darurat, wasit langsung menghentikan permainan dan memanggil tim dokter untuk segera menangani langsung Eriksen yang sudah terjatuh di tengah lapangan. Saat itu, dokter timnas Denmark Morten Boesen menyadari hal tersebut sangat berbahaya dan membutuhkan penanganan langsung.

Ketika Eriksen jatuh pingsan tanpa kontak dengan pemain lain, Boesen menyadari bahwa ada hal darurat dan tiap detik berikutnya menjadi sangat berharga. Dalam penanganan darurat itu, 10 menit berikutnya adalah hal paling menakutkan dalam sejarah sepak bola di Piala Eropa.

Baca Juga:

Klasemen Sementara Grup B Piala Eropa 2020: Belgia Kokoh di Puncak

Hasil Grup B Piala Eropa 2020: Denmark Keok, Belgia Pesta Gol

Tim medis terus melakukan CPR saat rekan setim Eriksen membentuk barikade sambil berusaha menahan haru. Setelah kondisi Eriksen dipastikan aman dan lepas dari kondisi darurat di rumah sakit, laga akhirnya dipastikan berjalan kembali.

"Dia bernapas dan saya bisa merasakan denyut nadinya. Namun tiba-tiba semuanya berubah. Seperti yang dilihat oleh semua orang, kami mulai melakukan CPR," ucap Boesen dikutip dari AP.

"Kami akhirnya bisa merasakan (denyut nadi) Christian kembali. Dan dia berbicara pada kami sebelum dibawa ke rumah sakit," tutur Boesen.

(Reuters)

Pada saat itu, pertandingan sempat ditunda sambil menunggu kondisi terkini dari Eriksen. Pertandingan akhirnya dilanjutkan. Finlandia berhasil meraih kemenangan lewat gol dicetak oleh Joel Pohjanpalo pada menit ke-59.


"Tentu saja kami sulit bermain dengan perasaan yang ada. Apa yang berusaha kami tunjukkan dan lakukan sangat luar biasa. Sungguh luar biasa para pemain bisa tetap keluar lapangan dan kembali bermain."

"Pemain tidak bisa membayangkan melalui malam tanpa bisa tidur lalu harus bersiap untuk laga besok (andai memilih main di Minggu siang), naik bus dan kembali bermain sepak bola. Sejujurnya, ini adalah opsi terbaik untuk melaluinya," ucap pelatih Denmark Kasper Hjulmand.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Denmark Piala Eropa 2020 Breaking News Christian eriksen Timnas denmark
Posts

4.871

Bagikan