Ketua Anyar Percasi Jatim Rencanakan Gelar Lomba Catur dari Tingkat Desa

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 29 Mei 2023
Ketua Anyar Percasi Jatim Rencanakan Gelar Lomba Catur dari Tingkat Desa
Tokoh asli Madura, Achmad Fauzi Wongsojudo memberikan sambutan usai terpilih sebagai Ketua Percasi Jatim periode 2023-2027. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jawa Timur memiliki ketua baru. Yakni, Achmad Fauzi Wongsojudo yang terpilih melalui mekanisme Musyawarah Provinsi (Musprov) Percasi Jatim, kemarin (28/5).

Tokoh asli Madura itu menang mutlak. Dari 33 pemilik suara, dia mengantongi 33 dukungan. Fauzi akan memimpin Percasi Jatim periode 2023-2027.

Usai terpilih, pria yang juga Bupati Sumenep itu membeberkan programnya. Salah satunya meningkatkan pembinaan usia dini. Tujuannya, agar atlet catur Jatim bisa meraih prestasi. Baik dalam skala nasional maupun internasional.

“Yang pertama itu unggul. Lalu maju dan berdaya saing. Unggul ini akan mempersiapkan sumber daya Manusia yang berkaitan dengan atlet catur, dengan memulai pembinaan usia dini,” kata Fauzi.

Baca Juga:

Disambut Kalungan Bunga, Timnas Indonesia U-22 Bikin Histeris

Tiba di Tanah Air, Timnas Indonesia U-22 Dapat Sambutan Meriah

Menurut dia, pihaknya akan menggandeng pengurus di kabupaten/kota untuk melakukan jemput bola. Fauzi memastikan bakal transparan soal pengelolaan anggaran. Hal itu dianggap sangat penting.

“Partisipasi dari daerah harus terbuka dan jangan tertutup, pasti akan turun ke bawah untuk mencari bibit unggul. (Dari sisi) manajemen harus akuntabel dan terbuka, sehingga tidak ada kecurigaan termasuk berkaitan dengan keuangan,” bebernya.

Nantinya, setelah tim formatur terbentuk dan susunan kepengurusan disahkan, Percasi Jatim segera menggelar kejuaraan dan turnamen di daerah. Fauzi juga berharap agar semua pengurus Percasi Jatim bisa lebih kompak untuk bekerja mencari bibit-bibit atlet baru. Dia optimistis Percasi Jatim bisa meraih prestasi maksimal, baik di Kejurnas dan PON 2024.

Sementara itu, Wakil Ketua Percasi Jatim demisioner Yusuf Satriono optimistis Bupati Fauzi bisa menjadikan Jatim sebagai kiblat catur nasional. “Mudah-mudahan nanti di Kejurnas kembali lagi ke tangan Jatim. Kalau di PON harus belajar banyak dari Jabar,” katanya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Catur
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.022

Bagikan