Ketua OC Piala Menpora: Chant Rasis Hoaks

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Kamis, 25 Maret 2021
Ketua OC Piala Menpora: Chant Rasis Hoaks
Seremoni pembukaan Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan. (PSSI Pers)

BolaSkor.com - Pada pertandingan kedua Grup C Piala Menpora 2021 antara Persib Bandung melawan Bali United sempat diwarnai kehebohan di luar lapangan. Hal ini karena beredar video di dunia maya yang menyanyikan chant bernada provokatif pada laga tersebut.

Video yang diunggah tersebut terjadi pada menit ke-23. Pada video cuplikan pertandingan tersebut, dimunculkan audio yang mengarah pada kata-kata rasis dan menyudutkan salah satu kelompok suporter. Sontak, video itu viral.

Beberapa netizen langsung melontarkan kekecewaan mereka. Ramai di dunia maya. Bahkan, ada yang menghubungi Organizing Committee (OC) secara langsung. Intinya, segera klarifikasi dan meminta maaf atas video yang tak elok tersebut.

Baca Juga:

Ditahan Imbang Bali United, Kiper Persib: Pertandingan Berat

Robert Alberts Beri Penilaian terhadap Pemain Baru Persib

Terkait hal ini, Ketua OC Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita, menginformasikan bahwa saat itu juga pihaknya langsung melakukan investigasi untuk mengetahui kebenaran dan fakta yang sesungguhnya.

“Termasuk menghubungi tim produksi dan mengamati detail yang terjadi pada saat siaran dilakukan. Kami juga membandingkan video yang ada dengan fakta yang sebenarnya selama proses siaran berlangsung,” kata Hadian seperti dilansir dari laman Liga Indonesia Baru.

Setelah diteliti secara detail pada proses siaran langsung tersebut, ternyata tidak ditemui audio yang mengarah pada rasis atau menjatuhkan kelompok suporter lain.

“Video dan audio pada saat siaran langsung terbilang clear. Tidak ada indikasi yang melecehkan kelompok lain atau rasis. Kami pastikan, cuplikan video yang beredar ke publik tersebut adalah hasil editan,” tegas Akhmad Hadian Lukita.

Beberapa jam setelah video cuplikan pertandingan beredar ke publik, muncul pula permintaan maaf yang diungkapkan pula di dunia maya. Intinya, mengakui bahwa itu hoaks alias berita bohong.

“Kami mengimbau kepada seluruh netizen, pecinta sepak bola nasional, dan penonton yang di rumah. Mari kita saling menghargai dan menjaga kelangsungan Piala Menpora 2021," ujar Hadian.

"Jangan bikin gaduh, walau di dunia maya. Mohon dipahami dan sama-sama berkomitmen. Bagaimana pun, sepak bola telah menyatukan kita semua,” pungkasnya.

Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB Piala menpora Akhmad Hadian Lukita Breaking News
Posts

4.871

Bagikan