Ketum PSSI Jelaskan Kronologis Batalnya Timnas Indonesia U-23 ke Piala AFF U-23 2022

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 11 Februari 2022
Ketum PSSI Jelaskan Kronologis Batalnya Timnas Indonesia U-23 ke Piala AFF U-23 2022
Ketum PSSI Mochamad Iriawan sedang berdiskusi dengan Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 batal berlaga di Piala AFF U-23 2022 yang digelar di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang. Alasan kesehatan jadi faktor utama di balik mundurnya tim Merah-Putih dari ajang tersebut.

Diketahui, tujuh pemain dan satu ofisial Timnas Indonesia U-23 dinyatakan positif COVID-19. Selain itu, ada empat pemain yang dalam masa inkubasi karena melakukan kontak erat dengan rekan-rekannya yang dinyatakan terpapar Virus Corona.

Di sisi lain, kekuatan Timnas Indonesia juga tereduksi dengan cederanya tiga pemain, yaitu Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, kemudian menjelaskan kronologis di balik keputusan batal mengirimkan Timnas Indonesia U-23 ke Piala AFF U-23 yang tadinya dijadikan ajang persiapan sebelum menghadapi SEA Games Hanoi pada Mei mendatang.

"Tanggal 9 (Februari) Shin Tae-yong kirim surat ke saya selaku Ketum PSSI. Dia minta saya ambil keputusan untuk membatalkan keikutsertaan di Piala AFF di Kamboja dengan alasan banyak pemain yang COVID-19," kata Iriawan membuka penjelasannya.

"Lalu ketika dipanggil 32 (pemain), hanya datang 21 (pemain) karena terkendala. Latihan tidak maksimal karena banyak pemain di klub, terutama (masalah) COVID-19 yang penting," ujar Iriawan menambahkan.

Baca Juga:

Menpora Maklumi Timnas Indonesia U-23 Batal Tampil di Piala AFF U-23 2022

Sempat Tak Enak Badan, Bagaimana Kondisi Terkini Shin Tae-yong?

Selain itu, Iriawan juga mendapat kabar dari Shin Tae-yong kalau pelatih asal Korea Selatan tersebut sedang tidak enak badan.

"Saya terima keputusan yang bersangkutan, tapi saya tidak langsung setuju karena mau lihat (hasil PCR) dahulu."

"Akhirnya tanggal 10 kemarin PCR semua maka didapat 7 yang positif. Bisa dibayangkan dari 21 kurang 7 berapa, 14. Kiper kita cuma satu, itu juga baru 10 hari keluar dari zona COVID-19 dan belum latihan. Kemudian setelah itu lima (pemain) cedera, salah satunya Ramai Rumakiek."

"Setelah itu malam harinya kami rapat dengan pertimbangan permintaan Shin, kami putuskan (tidak berangkat). Karena khwatir nanti di tes di Kamboja belum tentu mereka akan negatif semua," tutur Iriawan.

Menurut Iriawan, saat ini yang lebih penting adalah kesehatan para pemain, staf pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia U-23.

"Alasan kemanusiaan di sini lebih penting. Kita nanti ada pertandingan lain," kata Iriawan.

"Saya selaku Ketum PSSI tentu menyesal tidak bisa mengirim tim, tapi mau bagaimana, kesehatan (pemain dan ofisial) lebih penting," tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Pssi Timnas indonesia u-23 Mochamad Iriawan Shin Tae-yong Piala AFF U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.336

Bagikan