BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku tidak mempermasalahkan Pemerintah Republik Indonesia yang notabenenya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), mengambil alih penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Pria yang kerap disapa Iwan Bule itu bahkan menyebutkan bahwa itu merupakan keputusan yang tepat.

Seperti diketahui, PSSI dan Pemerintah sudah membentuk kepanitiaan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 atau Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah resmi menunjuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali sebagai Ketua INAFOC pada saat rapat terbatas dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Baca Juga:

Panitia Piala Dunia U-20 INAFOC Dibentuk, Menpora Zainudin Amali Jadi Ketua

Ketum PSSI Ajak Bicara Klub yang Menolak Kompetisi Dilanjutkan

Iriawan menyebut peran Pemerintah sangat penting dalam Piala Dunia U-20. Tanpa adanya dana lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), perhelatan tersebut tak bisa terlaksana di Indonesia.

"Itu bukan ambil alih, bisa-bisa saja karena Rusia dan Italia juga pernah. Karena ini uang-uang negara dan saya pikir biar saja negara yang mengelola itu," kata Iriawan kepada awak media.

Pria berusia 58 tahun tersebut juga menyebutkan ada sisi positif ketika Pemerintah memegang kepanitiaan tersebut. Hal ini karena PSSI bisa fokus dalam menyiapkan Timnas Indonesia U-19/U-20 yang akan berlaga pada ajang dua tahunan tersebut.

Selain itu, nantinya PSSI juga akan membantu pemerintah dalam berkomunikasi dengan FIFA. Karena hal ini merupakan tugas dari PSSI lainnya pada gelaran Piala Dunia U-20 ini.

"Saya juga tenang dan bisa konsentrasi buat Timnas, yang penting kan lancar buat saya. Kan kalau sukses penyelenggaraan sama sukses Timnas kan senang," ujar Iwan Bule.

"Indonesia juga akan bangga. Itu lebih baik buat saya, jadi kami bisa fokus, kami akan membawa TC kemana. Jadi kami fokus ke Timnas saja," mantan sekretaris utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) itu menambahkan.