Kick Off Kontra Madura United Berubah, Pelatih Persib Singgung Tour de France

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 27 Juli 2022
Kick Off Kontra Madura United Berubah, Pelatih Persib Singgung Tour de France
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. (LIB)

BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts sambut baik perubahan jadwal kick off saat timnya menjamu Madura United di laga kedua Liga 1 2022/2023, Sabtu (30/7). Terlebih pertandingan yang semula digelar pada pukul 20.30 WIB menjadi pukul 16.00 WIB.

Pelatih asal Belanda ini mengatakan perubahan ini sangat bagus. Apalagi jika dibandingkan laga sebelumnya saat Persib berhadapan dengan Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Minggu (24/7). Laga tersebut digelar pada pukul 20.45 WIB.

"Pemain kelelahan menunggu pertandingan seharian. Kemudian kami tiba di Bandung sekitar pukul 2 dini hari. Lalu sebelum tidur pemain butuh makan, jadi mereka baru tidur sekitar pukul 4. Lalu tak lama dari situ anak-anak mereka sudah bangun, ada keluarga yang harus pergi kerja, jadi ritmenya terganggu," kata Robert Rene Alberts, Rabu (27/7).

Baca Juga:

Berubah, Kick Off Persib Vs Madura United Digelar Sore

Cerita di Balik Gol Indah Natanael Siringoringo ke Gawang Persis Solo


Sedangkan jika pertandingan digelar pada pukul 16.00 WIB, Robert Rene Alberts menilai para pemainnya sudah bisa berada di kediamannya masing-masing sekitar pukul 20.00 WIB. Sehingga para pemain bisa melaksanakan makan malam serta tidur dengan normal.

"Dan esok paginya bangun dengan keadaan yang segar. Hal yang sangat penting bagi atlet profesional adalah periode recovery," tambahnya.

Pelatih berusia 67 tahun ini merasa saat ini kompetisi yang memiliki recovery terbaik ada di event Tour de France. Menurutnya Tour de France adalah event olahraga paling berat lantaran ini kompetisi yang menuntut kecepatan yang secara konstan selama 30 hari.

"Dan tahu apa yang paling penting, tentunya recovery. Mereka bersepeda pukul 9 malam, kalau seperti itu mereka tidak bisa bersepeda di keesokan harinya. Mereka bersepeda di waktu para atlet bisa beristirahat di malam harinya. Lihat bus mereka, setiap pesepeda ketika sudah beraktivitas mereka langsung masuk ke bus dan beristirahat. Itu sangat penting," tuturnya.

Dengan alasan itu, Robert Rene Alberts merasa perubahan kick off melawan Madura United membuatnya senang. Sebab jadwal tersebut bisa membuat recovery timnya berjalan dengan baik.

"Tidak masalah jika memang memulai pertandingan 8.30 malam tapi tidak bermain cuma tiga hari setelahnya. Jadi yang penting keadilan untuk semua klub, kalau sesekali kami bermain malam itu tidak masalah jika waktu untuk recovery realistis untuk laga berikutnya. Dan ini penting bagi kami karena ada banyak hal yang berpengaruh seperti perjalanan," tegasnya.

Hal ini juga, lanjutnya, sangat baik untuk suporter. Jika ia menjadi seorang Ayah, tidak akan memboyong keluarganya untuk menyaksikan pertandingan secara langsung pada malam hari.

"Karena anak saya harus pergi ke sekolah keesokan harinya. Istri saya misalnya harus bekerja lagi, pun demikian dengan saya sebagai ayah. Tapi jika laga dimulai pukul 4 atau 6, saya akan membawa keluarga saya karena setelah itu kami bisa tetap makan malam bersama lalu tidur secara normal."

"Keesokan harinya kami bisa beraktivitas dengan normal. Itu faktor yang penting. Saya ingin membawa istri saya ke stadion, saya ingin mengajak anak kecil saya untuk memperkenalkan dia sepak bola," katanya.

Robert Rene Alberts pun memberikan apresiasi kepada Bobotoh yang hadir di pertandingan Persib saat melawan Bhayangkara FC. Padahal laga yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (24/7) itu digelar pada pukul 20.45 WIB.

"Kami harus memberikan selamat untuk suporter kami yang datang mendukung timnya. Dan sebelum pertandingan, saya bicara kepada pemain bahwa suporter datang ke stadion untuk mendukung kalian, dan saat kalian masuk ke lapangan, bermainlah untuk para suporter. Sungguh fantastis, atmosfernya untuk pemain," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Madura united Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan