Kiprah Timnas Jepang Tidak Terlalu Mengejutkan bagi Javier Roca

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 04 Desember 2022
Kiprah Timnas Jepang Tidak Terlalu Mengejutkan bagi Javier Roca
Jepang melaju ke babak 16 besar dengan status juara Grup E. (Twitter)

BolaSkor.com - Kiprah cemerlang Timnas Jepang yang sukses meraih satu tiket menuju babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Qatar, menuai banyak pujian. Pasalnya, Jepang menjadi salah satu tim Asia yang sukses keluar dari lubang jarum di Grup E.

Bagaimana tidak, Takumi Asano dkk. sukses lolos dengan status juara grup lewat koleksi 6 poin. Bahkan, koleksi poin diperoleh dengan mengalahkan Jerman dan juga Spanyol, yang notabene tim bertradisi juara di Eropa maupun dunia.

Lolosnya Jepang sendiri sejatinya sudah diprediksi oleh Javier Roca. Ya, Pelatih Arema FC itu sebelumnya memperkirakan ada 3 tim yang menjadi kuda hitam di Piala Dunia Qatar, yaitu Belgia, Jepang dan Korea Selatan.

Baca Juga:

Bintang Laga Argentina Vs Australia: Lionel Messi, Cetak Gol ke 789 dari 1000 Pertandingan

5 Tim dengan Kegagalan Terbesar di Piala Dunia 2022


"Jadi lolosnya Jepang ini tidak mengejutkan saya. Karena mereka memang punya kualitas. Skema permainan mereka juga efektif," ucap Javier Roca.

Tidak mengejutkan, karena Roca paham betul dengan rencana jangka panjang yang digelorakan sepak bola Jepang. Mereka punya visi dan misi panjang selama 100 tahun untuk bisa berjaya di sepak bola dunia.

"Misi itu dimulai pada 1992 lalu. Sudah berjalan 30 tahun dan sekarang sudah mulai terlihat. Jadi semua (prestasi) memang butuh proses. Dan 100 tahun itu bukan proses yang panjang lagi," beber pelatih berpaspor Cili tersebut.

"Bahkan mungkin orang-orang yang mencetuskan misi itu sudah tidak hidup lagi. Tapi bisa berjalan karena mereka percaya dengan prosesnya," tambah Roca. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Arema FC Liga 1 Jepang Timnas Jepang Javier roca Piala dunia 2022
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan