Kisah Eks Pemain Persis, Gaji Ditunggak Enam Bulan Sempat Nombok Jutaan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 14 Agustus 2021
Kisah Eks Pemain Persis, Gaji Ditunggak Enam Bulan Sempat Nombok Jutaan
Skuat Persis Solo tahun 2020. (BolaSkor.com/Muhammad Fadly)

BolaSkor.com - Tunggakan gaji tim Persis Solo yang dirilis Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) ternyata bersumber dari tim musim 2020. Gaji yang belum diterima Ali Budi Raharjo dkk. terjadi pada bulan Juli hingga Desember 2020.

Persis Solo kala itu termasuk tim bertabur bintang. Di bawah kendali pengusaha Vijaya Fitriyasa, Persis Solo mendatangkan pemain berpengalaman, seperti Rishadi Fauzi, Engelberd Sani, Yan Pieter Nasadit, Marko Kabiay hingga Syahroni.

Pada awalnya, gaji tim dibayar tepat waktu. Namun, masalah terjadi setelah tim tak berlatih lagi, sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia pada bulan Maret. Saat itu, kompetisi pun juga mengalami penundaan.

Para pemain yang terikat kontrak hingga bulan Desember sudah tak menerima gaji sejak bulan Juli. Bahkan, ketika Persis Solo berlatih pada bulan Oktober, para pemain pun tak diberikan haknya.

"Saya malah nombok tiga juta untuk tambahan gizi saat program bulan Oktober, karena saat itu beban latihan sangat berat. Jadi butuh asupan tambahan biar tubuh tidak drop," ucap perwakilan pemain Persis Solo musim 2020 yang enggan disebutkan namanya.

Baca Juga:

Kisah Frans Setiabudi, Legenda Hidup Persis Solo Selama 40 Tahun Keliling Dunia

Cerita Wisata Kuliner Kota Solo ala Pelatih Fisik Persis

Dia membeberkan, para pemain sebenarnya punya itikad baik untuk menyelesaikan permasalahan ini. Mereka pun tahu kondisi tim Tanah Air sedang tak bagus sejak pandemi.

Namun, para pemain tak mendapatkan keterangan sedikit pun, hingga akhirnya Persis Solo berpindah tangan ke Kaesang Pangarep, Erick Thohir dan Kevin Nugroho.

Para pemain lawas pun kemudian membawa permasalahan ini ke APPI. Ada tujuh pemain yang mengirimkan gugatan ke Persis Solo dengan total tunggakan mencapai Rp2.332.900.000.

"Manajemen lama sama sekali tak punya itikad untuk menyelesaikan masalah ini. Sementara untuk manajemen baru, kami sempat ada komunikasi, namun kemudian belum ada kelanjutan. Makanya sekarang kami up lagi," jelasnya.

"Kenapa hanya tujuh pemain, karena mereka yang punya salinan kontrak. Sementara beberapa pemain lain tidak memiliki salinan kontraknya," lanjutnya.

Para pemain berharap tunggakan gaji ini bisa diselesaikan Persis Solo dengan baik. Pihaknya percaya manajemen baru akan mengakomodir penyelesaian tunggakan gaji ini.

"Semoga bisa cepat clear," pungkasnya.

APPI sendiri dalam rilisnya mendesak Persis Solo untuk menyelesaikan permasalahan ini. APPI pun meminta klub mentaati aturan dengan memberikan salinan kontrak pada pemain. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Persis Solo Liga 2 Appi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan