Komisaris Persib Umuh Muchtar Meminta PSSI dan PT LIB Segera Menentukan Nasib Liga 1 2020

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 04 Mei 2020
Komisaris Persib Umuh Muchtar Meminta PSSI dan PT LIB Segera Menentukan Nasib Liga 1 2020
Umuh Muchtar. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar meminta PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk segera menentukan nasib Liga 1 2020. Dilanjutkan atau diberhentikan total.

Sebab dari kabar yang didapat, mayoritas tim peserta mengeluarkan pendapatnya kepada PT LIB selaku operator untuk menghentikan Liga 1 2020. Pandemi virus Corona (COVID-19) yang tak kunjung berakhir menjadi alasannya.

"Betul, seharusnya ini (Liga 1 2020) sudah ada kepastian. Nanti saya akan mengeluarkan surat dan mudah-mudahan nanti lusa saya bisa bicara sama pak Iwan Bule (Ketua Umum PSSI)," ungkap Umuh saat dihubungi.

Sebenarnya saat ini Umuh tak ingin berkomunikasi lebih dulu dengan PSSI termasuk dengan PT LIB. Sebab menurutnya, organisasi sepak bola Indonesia itu tengah mengalami permasalahan.

Baca Juga:

Geoffrey Castillion Bersepakat dengan Pelatih Persib soal Kewajiban Pesepak Bola Profesional

Liga Indonesia bak Surga Sepak Bola bagi Legiun Asing Persita Yevhen Budnik

"Saya juga ngerem (berhenti) dulu. Karena PSSI-nya lagi semrawut gini, banyak masalah. Jadi tidak begitu banyak komunikasi dulu," bebernya.

Diberitakan sebelumnya, seluruh klub peserta Liga 1 2020 sudah mengeluarkan pendapatnya terkait nasib kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia tersebut. Ada empat gelombang pendapat yang dilontarkan oleh 18 klub Liga 1.

Berdasarkan pantauan BolaSkor.com, mayoritas klub menginginkan Liga 1 2020 diihentikan. Sisanya, ikut arahan Pemerintah Republik Indonesia, ikut arahan PSSI, dan dilanjutkan. Meski begitu, ada beberapa klub yang pendapatnya tidak dipublikasikan.

Sebelumnya, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 dihentikan PSSI hingga 29 Mei 2020 karena pandemi Virus Corona (COVID-19). Ini sesuai arahan status tanggap darurat Pemerintah Republik Indonesia dalam menangani penyebaran Virus Corona.

Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 bisa kembali dilanjutkan setelah 1 Juli 2020, jika status tanggap darurat Virus Corona dihapus Pemerintah Republik Indonesia. Ataupun kondisi sudah mulai kondusif. Jika tidak, kompetisi akan dihentikan total.

Sebelum memutuskan nasib kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator meminta saran kepada seluruh klub peserta Liga 1 dan Liga 2 2020. Saran ini harus diberikan kepada PT LIB paling lambat 1 Mei 2020 kemarin.

Klub-klub yang meminta Liga 1 2020 dihentikan adalah Bhayangkara FC, Persita Tangerang, PSIS Semarang, Persik Kediri, Persela Lamongan, dan Madura United. Sementara klub yang ikut arahan Pemerintah Republik Indonesia adalah Persib Bandung, PSS Sleman, Persebaya Surabaya, Bali United, dan PSM Makassar.

Klub yang mengikuti arahan PSSI adalah Arema FC, TIRA-Persikabo, Barito Putera, dan Borneo FC. Sedangkan hanya Persiraja Banda Aceh yang meminta Liga 1 2020 dilanjutkan. Sisanya seperti Persija Jakarta dan Persipura Jayapura, sarannya tidak terpublikasi. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Umuh Muchtar Persib Bandung Liga 1 Pssi PT Liga Indonesia Baru Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan