BolaSkor.com - Esport yang menjadi cabang olahraga ekshibisi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, telah menyelesaikan kualifikasi provinsi. Saat ini mulai masuk tahap PraPON.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) Frengky Ong mengatakan, tahap kualifikasi provinsi telah berlangsung hingga 5 September. Selanjutnya tahap PraPON akan dimulai 7-15 September.

Untuk PON Papua, cabang esports akan mempertandingkan empat nomor, Free Fire, Mobile Legends, PES 2021, dan PUBG Mobile. Sementara Lokapala hanya memainkan pertandingan persahabatan.

Baca Juga:

PBESI Hadirkan Game Lokal di PON Papua 2020

Berkat Paralimpiade, Kepercayaan Diri Atlet asal Uganda Bertambah

Pada tahap PraPON sebanyak 34 provinsi akan memperebutkan 11 slot tim Free Fire, lima orang PES, lima tim Mobile Legends, dan 15 tim PUBG Mobile.

"Untuk jadwal pertandingan ekshibisi esport di PON XX Papua sendiri sudah kami jadwalkan digelar selama lima hari mulai 22-26 September dengan venue Lapangan Hoki dan Kriket Doyobaru, Jayapura," kata Frengky Ong dalam keterangan resminya.

Terpilihnya esport sebagai cabang ekshibisi PON XX Papua berdasarkan Instruksi Presiden No 4 Tahun 2021 tentang Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional.

Pemerintah memberi kepercayaan esport sebagai cabang ekshibisi PON XX dengan harapan olahraga dan ekosistem esport di Tanah Air bisa terus maju dan menelurkan bibit-bibit atlet yang mampu membawa nama Indonesia di kancah dunia.