BolaSkor.com - Operator kompetisi sepak bola profesional Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB), membenarkan laga pembuka Liga 1 2020 adalah pertandingan Persebaya Surabaya kontra Persik Kediri. Laga ini berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo pada Sabtu (29/2) pukul 18.30 WIB.

PT LIB memberikan alasan mengapa menunjuk laga Persebaya melawan Persik sebagai pembuka. Tadinya, LIB merencanakan laga pembuka mempertemukan juara Liga 1 2019, Bali United dengan tim promosi. Jika dilihat draft jadwal, Bali United bertemu Persita Tangerang.

Namun, Bali United terkendala masalah persiapan Piala AFC 2020. Untuk itu, LIB mengubah rencana laga pembuka tersebut.

"Kick off di Surabaya. Awalnya pertimbangan latar belakang sebagai penghargaan promosi Liga 1 dipertemukan juara Liga 1, tetapi Bali United tidak siap karena ada pertandingan di AFC, sehingga kita pertemukan dengan Persebaya mudah-mudahan berjalan dengan maksimal," kata Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri di Kantor LIB, Menara Mandiri II, Jakarta Pusat, Selasa (4/2).

Baca Juga:

Fabiano Beltrame dan Victor Igbonefo Pengaruhi Perginya Achmad Jufriyanto dari Persib

PT LIB Rilis Draft Jadwal Liga 1 2020, Partai Pembuka Persebaya Surabaya Lawan Persik Kediri

Sebelumnya, BolaSkor.com mendapat draft jadwal Liga 1 2020 dari PT LIB. Dalam draft tersebut, kompetisi dimulai tanggal 29 Februari 2020 sesuai rencana. Pada pekan perdana, laga Persebaya Surabaya menghadapi Persik Kediri dinilai menjadi partai pembuka.

Lalu ada dua pertandingan di hari yang sama namun berbeda waktu. Madura United menjamu Barito Putera di Stadion Gelora Bangkalan pada pukul 19.00 WIB. Bhayangkara FC menjamu Persiraja Banda Aceh di waktu yang sama.

Setelah itu, ada empat laga di hari Minggu (3/2) yang diselenggarakan. Persija Jakarta menghadapi Borneo FC dan Persipura Jayapura melawan PSIS Semarang. Lalu Persib Bandung menghadapi Persela Lamongan, dan PSM Makassar menjamu PSS Sleman.

Dua laga awal digelar pukul 15.30 WIB. Kemudian laga ini digelar pada pukul 18.30 WIB.

Di hari Senin (4/2), Bali United bakal menjamu Persita Tangerang pukul 18.30 WIB. Sebelumnya pada pukul 15.30 WIB, TIRA-Persikabo menjamu Arema FC.

Reporter: Hadi Febriansyah