BolaSkor.com - Ambisi Laguna Seca untuk hadir kembali di kalender MotoGP dan WSBK tidak terbendung lagi. Melalui pertimbangan matang, Laguna Seca akan melakukan pembenahan diri untuk hadir kembali.

Laguna Seca merupakan sirkuit bersejarah dalam dunia MotoGP dan WSBK. Banyak terjadi persaingan sengit dan spektakuler di lintasan itu. Seperti persaingan antara Casey Stoner dan Valentino Rossi musim 2008 dan persaingan empat pabrikan berbeda, Yamaha, Kawasaki, Ducati, dan Aprillia pada WSBK 2018.

Sayangnya peristiwa itu tidak dapat dinikmati kembali. Sebab Laguna Seca telah resmi keluar dari kalender MotoGP 2014 dan WSBK pada 2020 lalu. Keputusan ini terpaksa dilakukan karena pertimbangan faktor keselamatan dan ekonomi.

Pasalnya selama menjadi tuan rumah, pihak promotor lokal (CRAMP) memiliki tunggakan hutang menumpuk kepada Dorna Sport selaku pemegang hak ekslusif penyelenggaraan MotoGP dan WSBK.

Baca Juga:

Dalam Kepala Bagnaia Tak Hanya Ada Quartararo

Fabio Quartararo Ingin Coba Berganti Peran dengan Lewis Hamilton

Namun hal ini tidak berlangsung lama. Berdasarkan kabar dari tuttomotoriweb.it, Manajemen Weather Raceway Laguna Seca merencanakan program peningkatan modal untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Proyek jangka panjang selama lima tahun ini juga akan melakukan renovasi di beberapa area sirkuit agar lebih aman dan memodernisasi infrastruktur di sekitarnya.

Dewan Pengawas Monterrey County telah telah menyetujui pendanaan rencana renovasi sirkuit tersebut. Rekonstruksi besar-besaran akan dilakukan di lintasan sepanjang 3.602 kmitu.

Terkait hal ini, Presiden dan general manager Sirkuit Laguna Seca, John Narigi mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Monterrey dan berharap dapat merealisasikan proyek jangka panjang ini. Direncanakan proyek ini akan di mulai pada November 2022 dan berakhir April 2023.

Penulis: Bintang Rahmat