BolaSkor.com - Barcelona nyaris dipermalukan Valencia pada jornada 22 LaLiga. Bermain di Camp Nou, Blaugrana sempat tertinggal 0-2 terlebih dulu. Beruntung, Barca memiliki Lionel Messi yang memborong dua gol untuk menyelamatkan muka.

Meski masih bisa meraup satu poin, laga melawan Valencia seakan membuka kelemahan Barcelona, yang sejatinya sudah terjadi sepanjang musim ini. Titik tersebut ada di sisi kiri pertahanan.

Baca Juga:

3 Alasan Lionel Messi akan Tampil di Piala Dunia 2022

5 Transfer Aneh di Bursa Januari 2019

Sergi Roberto
Sergi Roberto (zimbio)

Hal ini tidak lepas dari kedalaman pemain di posisi ini. Berbeda dengan area lain, di mana memiliki lebih dari satu pemain pelapis, untuk bek kiri Barcelona praktis cuma ada Jordi Alba.

Jikapun ada pelapis, pemain itu tidak berposisi sebagai bek kiri alami. Situasi ini tentu akan menjadi lampu kuning bagi Eernesto Valverde jika Jordi Alba mesti absen, seperti melawan Athletic Bilbao pekan depan.

Saat menghadapi Valencia, Valverde semula tidak memainkan Jordi Alba sejak awal. Namun, sang pelatih akhirnya memainkannya di paruh kedua setelah melihat Sergi Roberto kesulitan menjalankan peran bek kiri.

Valverde sendiri tampaknya menyadari skuatnya tak punya pelapis Jordi Alba. Buktinya, Valverde beberapa kali memberi Jordi Alba untuk rehat sejenak. Namun, saat mencoba melakukan rotasi itu juga, Valverde menyadari dirinya tidak memiliki pelapis yang mumpuni.

Nelson Semedo
Nelson Semedo (zimbio)

Beberapa nama pernah dimunculkan Valverde untuk mengisi bek kiri. Di awal Copa de Rey, Valverde sempat mencoba pemain muda Barca, Juan Miranda. Namun, kemudian posisi Miranda digantikan Nelson Semedo yang sejatinya beroperasi di sisi kanan.

Berhasilkah keputusan Valverde menukar posisi Semedo ke sisi kiri? Sama sekali tidak. Saat melawan Sevilla di Copa de Rey, Semedo menjadi titik lemah pertahanan Barca. Berulang kali dia dibuat tunggang langgang menghadapi serbuan Pablo Sarabia dan Jesus Navas.

Melihat hal ini, Valverde kemudian mencoba memainkan bek kanan lainnya di sisi kiri, Sergio Roberto, saat melawan Valencia.

Menarik menunggu apa yang akan dilakukan Valverde ketika Barcelona tandang ke San Mames, markas Bilbao pekan depan.