BolaSkor.com – Nasib buruk menimpa pembalap Aprilia, Aleix Espargaro. Pembalap asal Spanyol itu terkena penalti karena melanggar peraturan terkait penggunaan spoiler air di bagian belakang motornya.

Berdasarkan informasi dari MotoGP.com, Espargaro telah melanggar pasal 2.4.4.7.10.e. Steward melihat Espargaro menggunakan spoiler air disertai penggunaan dua ban slick.

Jika merujuk pada pasal 2.4.4.7.10.e, spoiler air tersebut berstatus tambahan. Agar bisa menggunakan spoiler air dengan status tersebut, pembalap diharuskan setidaknya memakai kombinasi satu ban hujan.

Namun pada kenyataannya, Espargaro justru tidak menggunakan ban hujan sama sekali. Alhasil Steward memutuskan untuk mencoret lap time FP2 Espargaro.

Baca Juga:

Bagnaia Dibuat Heran dengan Kejadian di MotoGP Jerman

Juarai MotoGP Jerman, Fabio Quartararo Raja Baru Sachsenring

Akibat dari hukuman ini, peringkat Espargaro dalam catatan waktu gabungan latihan bebas hari pertama menurun drastis. Dari yang awalnya menempati tempat kedua, turun ke posisi terbawah.

Melihat hal ini, Espargaro harus berjuang mati-matian meraih hasil positif di FP3. Karena jika mengalami kegagalan lagi, Espargaro dipastikan masuk ke Q1.

Sebagaimana diketahui, penentuan posisi starting grid dalam MotoGP menggunakan sistem eliminasi. Perhitungan posisi ini dilihat berdasarkan hasil gabungan FP1 hingga FP3.

Sepuluh pembalap yang berhasil meraih waktu terbaik di FP1 hingga FP3 akan masuk ke Q2 untuk memperebutkan posisi pertama hingga 12. Sementara pembalap yang gagal otomatis masuk ke Q1 untuk memperebutkan posisi belakang.


Penulis: Bintang Rahmat