Langgar Aturan, Tunisia Diultimatum FIFA dengan Potensi Sanksi Didepak dari Piala Dunia 2022

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 29 Oktober 2022
Langgar Aturan, Tunisia Diultimatum FIFA dengan Potensi Sanksi Didepak dari Piala Dunia 2022
Timnas Tunisia (Twitter)

BolaSkor.com - Pemberitaan menjelang Piala Dunia 2022 yang akan dimulai pada November hingga Desember mendatang semakin banyak. Termasuk salah satu yang datang mengenai potensi disingkirkannya timnas Tunisia dari Piala Dunia 2022. Apa penyebabnya?

Perdana Menteri Olahraga Tunisia, Kamel Deguiche, baru-baru ini berbicara mengenai 'pembubaran biro federal' yang dikaitkan FIFA dengan FTF atau Federasi Sepak Bola Tunisia. FIFA melihat itu sebagai bentuk intervensi pemerintah kepada federasi sepak bola dan memberikan pesan tegas kepada Tunisia.

"Dalam hal ini, kami ingin mengingatkan Anda bahwa asosiasi anggota FIFA secara hukum berkewajiban untuk melakukan urusan mereka secara independen dan tanpa pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga," papar Kenny Jean-Marie, Direktur dari anggota bagian FIFA.

"Kegagalan untuk mematuhi kewajiban ini dapat mengakibatkan pengenaan hukuman berdasarkan undang-undang FIFA, termasuk penangguhan asosiasi terkait."

Baca Juga:

Tak Main di Piala Dunia 2022, Erling Haaland Liburan ke Spanyol

Ini Harga Tiket Oranje Indonesia Festival, Mari Dukung Timnas Belanda di Piala Dunia 2022

Komputer Super Prediksi Piala Dunia 2022: Duel Messi Vs Ronaldo di Final

FIFA memang tidak main-main ketika urusannya intervensi pemerintah terhadap federasi sepak bola negara yang bersangkutan. Di masa lalu Irak, Nigeria, Guatemala, Kuwait, Indonesia, Pakistan, Kenya, dan India pernah dapat sanksi besar dari FIFA karena pelanggaran aturan tersebut.

"Tidak ada satu pernyataan khusus yang menjadi perhatian FIFA - itu banyak," tulis jurnalis lepas olahraga Tunisia, Souhail Khmira untuk BBC.

"Selama beberapa bulan terakhir, Menteri Olahraga telah meminta FTF untuk menunda liga domestik dan meninjau tanggal kick-off."

"Pada satu titik dia menyindir bahwa Kementerian Olahraga memiliki wewenang, menurut hukum Tunisia, untuk membubarkan biro federal. FTF telah melihat itu sebagai ancaman. Pelecehan terus-menerus itu dilihat sebagai campur tangan, dan itulah yang dirujuk FIFA," tambah dia.

Tunisia sendiri berada di grup D Piala Dunia 2022 bersama Denmark, Australia, dan juara bertahan Prancis. Tim berjuluk The Eagles of Carthage memainkan debut Piala Dunia pada 1978 di Argentina, tetapi mereka belum pernah lolos dari fase grup.

Tunisia Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Fifa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan