BolaSkor.com - Cuaca yang sering berubah-ubah memang sudah menjadi ciri khas lomba putaran kelima MotoGP 2019 di Sirkuit Le Mans, Prancis. Hal ini kembali terjadi pada latihan bebas ketiga (FP3), Sabtu.

Setelah cuaca selalu bagus pada FP1 dan FP2, Jumat, hujan turun di FP3. Sehingga semua pembalap harus mengaspal pada trek basah.

Baca Juga:

Rantai Motor Rusak, Valentino Rossi: Saya Tidak Cepat di Le Mans

Muncul Kabar Honda Pecat Jorge Lorenzo Penghujung MotoGP 2019

FP3 pun dimanfaatkan semua pembalap dan tim untuk mencari data saat motor menggunakan ban kompon basah. Seperti biasa, pembalap yang hebat di trek basah, kembali unjuk gigi.

Namun pembalap yang menempati posisi pertama silih berganti. Pada akhirnya, pembalap Monster Yamaha MotoGP, Maverick Vinales menempati posisi pertama.

Vinales membukukan lap tercepat 1 menit 42,498 detik. Dia mengungguli pembalap Repsol Honda, Marc Marquez di posisi kedua. Kemudian posisi ketiga diisi pembalap tim satelit Ducati, Jack Miller.

Adapun posisi tiga dan empat diisi pembalap Suzuki, Alex Rins dan pembalap KTM, Johann Zarco. Lalu Andrea Dovizioso yang mengendarai Ducati Desmosedici melengkapi pembalap yang mengisi posisi lima besar.

Valentino Rossi Tidak Lolos Q2

Sementara itu, trek basah di FP3, merupakan kabar buruk buat rekan setim Vinales, Valentino Rossi. Karena dipastikan, ia tidak bisa membukukan lap lebih baik dari FP1 dan FP2 yang berlangsung pada trek kering.

Kali ini, Rossi terbenam di posisi sepuluh. Sehingga dipastikan, ia akan memulai sesi kualifikasi MotoGP Prancis dari sesi pertama (Q1). Untuk diketahui, hanya dua pembalap terbaik di Q1 yang berhak lolos ke Q2.*

10 Besar FP3 MotoGP Spanyol
1. Maverick Vinales (Monster Yamaha) 1 menit 42,498 detik
2. Marc Marquez (Repsol Honda) +0,180 detik
3. Jack Miller (Pramac Ducati) +0,453 detik
4. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +0,940 detik
5. Johann Zarco (Red Bull KTM Factory) +0,954 detik
6. Danilo Petrucci (Ducati Team) +0,989 detik
7. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) +1,170 detik
8. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) +1, 217 detik
9. Andrea Dovizioso (Ducati Team) +1,268 detik
10. Valentino Rossi (Monster Yamaha) +1,359 detik

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com