Ledakan Tim-tim Asia di Piala Dunia 2022 Harus Menginspirasi Timnas Indonesia di Piala AFF

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 26 November 2022
Ledakan Tim-tim Asia di Piala Dunia 2022 Harus Menginspirasi Timnas Indonesia di Piala AFF
Timnas Indonesia ketika menghadapi Singapura di Piala AFF 2020. (PSSI)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 di Qatar jadi panggung tim-tim Asia menunjukkan kalau mereka tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Arab Saudi, Jepang dan Iran membuktikan kepada kita kalau usaha keras itu tidak akan mengkhianati.

Green Falcons membuat geger dunia setelah mengalahkan Argentina yang diperkuat Lionel Messi dengan skor 2-1. Padahal La Albiceleste merupakan tim yang paling difavoritkan meraih gelar juara.

Arab Saudi tidak merasa 'kecil' di hadapan Lionel Messi dan kawan-kawan. Mereka bertarung dengan gagah berani demi mempertahankan kemenangan.

Setelah Arab Saudi, giliran Jepang yang membuat tim peraih empat gelar juara dunia, Jerman, mati kutu. Samurai Biru mengalahkan Der Panzer 2-1.

Kejutan dari tim Asia tidak berhenti di situ. Pada Jumat (25/11), semifinalis EURO 2016, Wales, dikalahkan oleh Iran, dengan dua gol tanpa balas. Dua gol Iran tercipta di masa injury time.

Keberhasilan Arab Saudi, Jepang dan Iran diharapkan bisa memotivasi Skuat Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF 2022. Sebab, di fase grup, tim Merah-Putih akan bertemu rival klasik sekaligus tim paling sukses di turnamen antarnegara Asia Tenggara (ASEAN), yaitu Thailand.

Baca Juga:

PSSI Terbuka Bikin Program ala Garuda Select bersama KNVB

Arab Saudi Belum Berpikir Ikuti Qatar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia untuk 2030

Tim Merah-Putih diharapkan tidak lagi inferior ketika bertemu Thailand. Tahun lalu, Thailand kembali jadi 'batu sandungan' bagi skuat asuhan Shin Tae-yong.

Setelah tampil memikat dari babak fase grup sampai semifinal, penampilan Timnas Indonesia justru menjadi antiklimaks saat melakoni final leg pertama melawan Thailand. Di luar dugaan, Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan dicukur empat gol tanpa balas.

Pertemuan atau leg kedua yang berakhir dengan skor 2-2 jelas tidak menolong. Skuat Garuda harus kembali merelakan trofi AFF yang lagi-lagi sudah di depan mata.

Kegagalan itu pun disebut harus jadi pelajaran penting Timnas Indonesia. Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan tidak boleh lagi perkasa di babak penyisihan tapi tiba-tiba seperti 'demam panggung' ketika mencapai babak final. Keberhasilan tim-tim Asia menjadi 'David' yang mengalahkan para 'Goliath' harus jadi inspirasi dan pelecut motivasi.

"Seperti Iran, Arab Saudi. Mereka bisa mengalahkan tim-tim besar di Piala Dunia, (tim yang) pernah juara. (Hasil itu didapat) dengan motivasi dan mental," kata mantan penyerang Timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma, saat ditemui dalam acara Tur Trofi Piala AFF di salah satu mal di kawasan Jakarta Barat, Sabtu (26/11).

"Berulang kali 'kan bicara mental. Saya lihat mereka datang ke sini, ke Qatar, bukan untuk bermain-main, mereka benar-benar (menunjukkan) mentalnya," ucap top skorer Piala AFF 2004 itu menambahkan.

Di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia akan mengawali perjuangannya dengan menghadapi Kamboja pada 23 Desember 2022. Lalu Timnas Indonesia away ke Brunei Darussalam (26/12), menjamu Thailand (29/12), dan ditutup dengan laga tandang kontra Filipina (2/1).

Timnas Indonesia Piala aff Piala AFF 2022 Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas iran Timnas arab saudi Timnas Jepang Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.307

Bagikan