LIB Bicara Peluang Kehadiran Penonton di Sisa Liga 1 hingga Musim Depan

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 10 Maret 2022
LIB Bicara Peluang Kehadiran Penonton di Sisa Liga 1 hingga Musim Depan
Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Kehadiran penonton di sisa Liga 1 2021/2022 kemungkinan besar belum terjadi. Bagi PT Liga Indonesia Baru (LIB), kehadiran penonton lebih memungkinkan pada musim depan 2022/2023.

Hal ini merespons kelonggaran dari pemerintah, tetang kehadiran penonton di kompetisi olahraga. PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersama PSSI perlu melewati tahapan untuk bisa memastikan hadirnya penonton dalam pertandingan liga.

"Semua acuan kebijakan otoritas pemerintah. Kalau dilihat di surat edaran itu, ada level 3 bisa 25 persen, level 2, kemudian level 1 sebesar 75 persen. Sebelumnya kami berencana ada penonton dan ketika itu kami rapat koordinasi dulu dengan Polda, BNPB dan lain-lain. Ada skema dibuat, lalu ada peningkatan Covid luar biasa, masuk di Seri 4 kemudian dengan pertimbangan-pertimbangan kenaikan tak diizinkan walau di Imendagri diizinkan," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno.

Baca Juga:

Arema FC Kalah dari Persib, Rafli Mulai Rasional soal Target Juara

Nestapa Persiraja, Jadi yang Pertama Terdegradasi

"Nah sekarang tidak semudah itu, buka dengan penonton, kami akan komunikasi dengan otoritas pemerintah pusat, tentu ada penjabaran sampai daerah, ketemu Polda, BNPB, nanti kami skemakan dan dibicarakan."

Sudjarno menambahkan bahwa kehadiran penonton bisa dicoba di pramusim, sebelum benar-benar di Liga 1 2022/2023.

"Jujur ini kan sudah di ujung, kalau kami sih sudah musim depan mungkin pramusim ada penonton misalnya, kemudian di kompetisi. Kalau toh ada penonton (di sisa Liga 1 2021/2022) yang kelola LIB juga, bukan klub, tentu bicara plus-minus adakan penonton dengan sisa pertandingan seperti ini, kemudian dalam skema semi bubble seperti ini. Itu juga pertimbangan."

"Yang kemungkinan bisa kami lakukan (di sisa Liga 1 2021/2022) seperti di Liga 2, kami undang penonton dengan jumlah tertentu, tapi dengan syarat booster itu."

PT LIB menyerahkan sepenuhnya soal kehadiran penonton termasuk di musim depan. "Kalau itu tergantung regulator, PSSI. Kami kan menjalankan mandat PSSI."

"Kalau kami jujur, musim depan dengan kondisi kebijakan pemerintah daerah seperti ini, kami ingin kembalikan saja normal (home and away). Sekarang, kalau diberi kebijakan penonton ada, berarti kan sama ticketing, nah ticketing yang kelola klub. Mungkin diskusi dengan PSSI. Itu nanti keputusannya melalui apa melalui kongres, atau apa, tapi kami sudah ancang-ancang pengen pramusim uji coba penonton."

PT LIB Liga 1 PT Liga Indonesia Baru Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan