Liga 2: Pelatih Persis Solo Kritik Fisik Pemain meski Menang di Laga Uji Coba

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 11 Oktober 2020
Liga 2: Pelatih Persis Solo Kritik Fisik Pemain meski Menang di Laga Uji Coba
Rishadi Fauzi dalam laga Persis. (BolaSkor.com/Muhammad Fadly)

BolaSkor.com - Tim Liga 2, Persis Solo memang mencatat kemenangan 3-1 atas tim Liga 3, Persika Karanganyar pada laga uji coba, Rabu (7/10) sore. Namun demikian, pelatih Persis, Salahudin mengaku kecewa dengan kondisi fisik pemainnya pada laga di Stadion UNS Solo itu.

Pada pertandingan itu, Laskar Sambernyawa sudah mampu unggul dua gol di babak pertama lewat Tri Handoko di menit kesembilan dan Muhammad Isa menit ke-22.

Dua gol ini menjawab kepercayaan yang diberikan oleh pelatih kepala Salahudin yang memilih menurunkan trio M Isa, Tri Handoko, dan Gufroi Al Ma’ruf. Ketiganya menjadi pilihan utama pelatih yang tengah menggodok pola 4-3-3.

Untuk lini tengah, Salahudin memilih tiga pemain lincah yakni Iman Budi, M Shulton, dan Irfan Afghoni. Sementara untuk lini pertahanan, duet stopper Bruno Casimir dan Alaik Sobrina ditemani oleh Andre Ambon dan Anis Mujiono.

Baca Juga:

PSSI, PT LIB, dan Klub Akan Lakukan Pertemuan untuk Bahas Nasib Kompetisi pada Selasa Pekan Depan

Liga 2: Kompetisi Belum Jelas, Cilegon United Bubarkan Tim

Di babak kedua, Persis merombak komposisi dari babak pertama. Para pemain kenyang pengalaman dari Liga 1 yang dimiliki mulai diturunkan. Ada mantan pemain Persija, Yan Pieter, Marko Kabiay (Semen Padang) hingga striker Rishadi Fauzi (Persebaya Surabaya).

Dan diawal babak kedua, Persis langsung menggerak lewat gol cepat Rishadi Fauzi. Namun setelah unggul, Laskar Sambernyawa justru lebih banyak ditekan Persika yang bermaterikan pemain-pemain muda lokal.

Gelombang serangan justru berbalik dikuasai oleh Persika. Akibatnya, jelang babak kedua usai, Persis Solo akhirnya kebobolan.

”Saya kecewa dengan permainan yang ditampilkan anak-anak. Namun positifnya, kita jadi tahu jika kondisi fisik pemain masih belum seperti yang kita inginkan,” kata Salahudin.

Buruknya kondisi fisik pemain dikatakannya membuat permainan tidak dapat berjalan seperti yang diinginkan tim pelatih. Hanya saja memang diakuinya fisik pemain sejak awal menjadi perhatian dalam dua pekan latihan.

“Harus diakui, sektor fisik harus jadi perhatian karena pemain masih belum di level yang diinginkan. Masih sekitar 60-65 persen. Jadi taktikal yang diterapkan yang percuma,” kata mantan pelatih Barito Putera ini menambahkan.

Tidak hanya itu, dia juga mengaku heran dengan perbedaan penampilan skuatnya antara babak pertama dengan babak kedua. “Padahal 26 pemain yang ada berlatih bersama-sama tiap harinya dengan materi yang sama pula. Ini jadi pertanyaan,” tegas dia. (Laporan Kontributor Muhammad Fadly/Yogyakarta)

Liga 2 Persis Solo
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan