BolaSkor.com - Keputusan Lionel Messi untuk meninggalkan Barcelona tentu mengejutkan banyak pihak. Namun ini bukan kali pertama Blaugrana gagal membuat pemain bintangnya pensiun di Camp Nou.

Messi telah mengajukan permintaan untuk mengakhiri kontraknya satu tahun lebih cepat. Hal ini tak lepas dari berbagai konflik yang melibatkan dirinya dengan manajemen sepanjang musim 2019-2020.

Para petinggi Barcelona belum merespons keinginan Messi. Yang jelas sejumlah klub besar sudah mengantre untuk menggunakan jasanya.

Baca Juga:

Heboh, Lionel Messi Ingin Putus Kontrak dengan Barcelona dan Pergi ke Manchester City

Menguak Alasan di Balik Keputusan Lionel Messi Ingin Tinggalkan Barcelona

Tekad Lionel Messi untuk Tinggalkan Barcelona Sudah Bulat

Andres Iniesta, Lionel Messi, dan Xavi Hernandez

Tercatat dalam satu dekade terakhir, Barcelona kerap ditinggal pergi pemain bintangnya dengan berbagai alasan. Satu persamaannya adalah mereka sudah memasuki masa penghujung karier.

Pada akhir musim 2013-2014, Barcelona harus kehilangan kiper utamanya, Victor Valdes. Keputusan untuk pergi sudah dibuat pemain berkepala plontos itu semusim sebelumnya dengan menolak perpanjangan kontrak yang disodorkan manajemen.

Valdes sengaja memberikan waktu semusim kepada Barcelona untuk mencari penggantinya. Sayang kariernya di Camp Nou berakhir tragis karena mengalami cedera parah yang memaksanya absen dari Piala Dunia 2014.

Semusim berselang, giliran Xavi Hernandez yang pergi dari Barcelona. Padahal ia merupakan salah satu pujaan publik Camp Nou dan diharapkan pensiun di sana.

Xavi punya alasan kuat untuk meninggalkan Barcelona. ia merasa sudah tidak dibutuhkan karena kalah bersaing dengan Ivan Rakitic yang lebih sering dimainkan sang pelatih, Luis Enrique.

Xavi kemudian melanjutkan karier ke Qatar. ia memperkuat Al Sadd selama empat tahun sebelum kini naik jabatan menjadi pelatih.

Dua tahun lalu, Andreas Iniesta menyusul Xavi pergi dari Barcelona. Ia memilih melanjutkan karier di Jepang bersama Vissel Kobe.

Iniesta punya alasan menarik di balik keputusannya meninggalkan Barcelona. Meski masih berstatus pemain utama, ia merasa kondisi tubuhnya tidak memungkinkan lagi untuk tampil di level yang dibutuhkan Barcelona.

Jika mundur beberapa tahun ke belakang lagi, Pep Guardiola juga termasuk dalam daftar ini. Ia meninggalkan Barcelona pada musim panas 2001 usai mengabdi selama 17 tahun.

Guardiola memilih hengkang ke Brescia ketika usianya menginjak 30 tahun. Ia menyebut keputusannya meninggalkan Barcelona karena alasan pribadi.

Keputusan tersebut sempat mengejutkan banyak orang. Guardiola saat itu berstatus sebagai gelandang andalan Barcelona.

Contoh-contoh di atas bisa menjadi bahan pertimbangan petinggi Barcelona untuk merelakan Messi. Hal ini setidaknya bisa menjaga hubungan baik mereka dengan legendanya sehingga membuka peluang untuk menjalin kerja sama lagi di masa depan dengan peran berbeda.